Adakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan ​​​​​​​ (Musrenbang) Pemuda dengan melibatkan anak-anak muda, mulai dari tingkat kampung, tingkat RW sampai di skala kota, komunitas-komunitas anak muda itu juga perlu diberi ruang,
Surabaya (ANTARA) - Pimpinan DPRD Kota Surabaya mendorong pemerintah kota setempat mewujudkan "Kota Pahlawan", di Provinsi Jawa Timur itu sebagai kota ramah pemuda.

"Bagaimana pelibatan dan perhatian Pemkot Surabaya, tidak hanya ketika di momen Sumpah Pemuda, tetapi juga memberikan ruang kepada pemuda lebih luas lagi," kata Wakil Ketua DPRD Surabaya Reni Astuti di Surabaya, Sabtu.

Ia menyebutkan bahwa andil ruang bagi pemuda itu dapat difasilitasi dengan turut serta melibatkan mereka dalam perencanaan pembangunan kota.

"Adakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan  (Musrenbang) Pemuda dengan melibatkan anak-anak muda, mulai dari tingkat kampung, tingkat RW sampai di skala kota, komunitas-komunitas anak muda itu juga perlu diberi ruang," katanya.

Hal demikian, lanjut dia, diharapkan mampu menyelaraskan rencana pembangunan kota baik infrastruktur maupun pembangunan non-fisik melalui aspirasi para kawula muda di kota itu.

"Jadi, ruang pemuda untuk berkreasi dengan passion mereka di berbagai bidang itu bisa lebih tergali, bisa terfasilitasi dengan mendukung Pemkot dan tentu DPRD pun akan melakukan dukungan, SDM unggul melalui pemuda sangat dibutuhkan," katanya.

Reni juga menyampaikan pesan bahwa di Hari Sumpah Pemuda itu menunjukkan bagaimana pemimpin untuk menjadi teladan dan contoh bagi anak-anak muda masa kini, mulai dari pemimpin-pemimpin di tingkat kota, parlemen, institusi atau lembaga lainnya hingga di level kelompok masyarakat.

"Anak-anak muda butuh teladan baik. Semoga kita semua bisa menghantarkan, mendukung, membersamai, mendukung, memotivasi, dan mendampingi anak-anak muda menjadi anak-anak yang hebat," kata dia.

Hal tersebut baginya adalah sebagai upaya dalam rangka mewujudkan Kota Surabaya menjadi kota yang hebat serta menjadikan Indonesia adil dan makmur, demikian Reni Astuti.
​​​​​​​
Baca juga: "Modin" pengidap kanker laring dikunjungi pimpinan DPRD Surabaya

Baca juga: Wakil Ketua DPRD Surabaya raih gelar magister "cumlaude" di Unair


Baca juga: Reni Astuti lanjutkan pemberdayaan UMKM eks lokalisasi Dolly
​​​​​​​

Baca juga: DPRD: APBD Surabaya harus gerakkan sektor riil agar UMKM naik kelas

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022