Kepala daerah dan wakil membawa tanggung jawab besar bagi kemajuan warga di daerah masing-masing.
Sungailiat (ANTARA) - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyatakan seluruh kepala daerah dan wakil dari kader PDIP harus mampu membawa kemakmuran rakyat di daerah masing-masing.

"Kepala daerah dari mulai gubernur dan wakilnya serta bupati dan wakilnya yang merupakan kader PDI Perjuangan adalah sosok yang dianggap layak melalui proses kaderisasi kepemimpinan partai dan harus mampu membawa kemakmuran rakyat," kata Hasto Kristiyanto, di Sungailiat, Sabtu, usai melepas kegiatan jalan sehat dan kirab budaya nusantara.

Dia mengatakan, kaderisasi kepemimpinan yang dipercaya oleh PDIP adalah mereka yang sudah memiliki pengalaman di lembaga eksekutif, legislatif maupun di lembaga struktural partai.

"Kepala daerah dan wakil membawa tanggung jawab besar bagi kemajuan warga di daerah masing-masing, mereka harus mempunyai desain hasil dari kaderisasi di sekolah partai," ujar dia.

Ia menjelaskan, PDIP membuka ruang kerja sama antarkepala daerah, bagi kepala daerah yang dinilai berhasil dapat menjadi model atau contoh bagi kepala daerah lain di Indonesia.

"Kerja sama antarkepala daerah cukup penting dilakukan untuk berbagi ilmu pemerintahan dan membangun tanggung jawab kolektif bagi kemajuan bersama," ujarnya pula.

Hasto Kristiyanto mencontohkan, di Bangka Belitung yang tidak lepas dari geostrategi dengan Sumatera Selatan, ketika dua wilayah itu nantinya diharapkan dipimpin dari PDIP akan ada konsep pengembangan wawasan secara bersama-sama.

"Saya berharap di wilayah Bangka Belitung dan Sumatera Selatan dapat dipimpin dari kader PDI Perjuangan, sehingga kedua wilayah itu bisa terintegrasi," ujar dia lagi.

Dia mendapat informasi dari kader PDI Perjuangan bahwa di Bangka Belitung perlu membangun pelabuhan karena Bangka Belitung merupakan wilayah strategis untuk pengembangan sumber daya alam seperti pariwisata dan sektor penting yang lain.
Baca juga: Sekjen PDIP gowes bersama sejumlah kepala daerah di Surabaya
Baca juga: PDIP akan keluarkan instruksi wujudkan swasembada kedelai

Pewarta: Kasmono
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022