Jayapura (ANTARA) -
PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Papua dan Papua Barat mengemukakan kini masyarakat di tiga distrik pada Kabupaten Pegunungan Bintang ( Pegubin), Papua dapat menikmati listrik selama 24 jam, sebagai kado pada Hari Listrik Nasional ke-77.
 
 
General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, Budiono dalam siaran pers di Jayapura, Sabtu, mengatakan tiga distrik yang sudah bisa nikmati listrik selama 24 jam  yakni Distrik Kalomdol, Oksibil dan Serambakon
 
 
"Sebelumnya masyarakat hanya menikmati listrik selama enam jam saja," katanya.
 
 
Menurut Budiono, ketiga distrik tersebut dipasok langsung oleh Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Dabolding dengan berkapasitas 2x500 kW dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Hybrid berkapasitas 2x60 kW sehingga berhasil melistriki selama 24 jam.
 
 
"Dengan begitu total ada 980 pelanggan tersebar di Kampung Imik, Kampung Arinkop, Kampung Dabolding, Kampung Okmakot, Kampung Mabilabol, Kampung Kabiding, Kampung Banumdol, Kampung Kutdol dan Kampung Yapimakot sudah mendapatkan pelayanan listrik PLN secara langsung," ujarnya.
 
 
Dia menjelaskan dalam melistriki pihaknya selalu membutuhkan dukungan dan sinergi dari berbagai pihak dalam mewujudkan sistem kelistrikan yang handal.

 
“Kami merasa senang karena di tengah sukacita hadirnya PLN selama 77 tahun bisa turut hadir membantu masyarakat di Kabupaten Pegubin,” katanya lagi.
 
 
Dia menambahkan pihaknya melakukan penyempurnaan dari sisi sistem kelistrikan serta menjaga keandalan dan meningkatkan pelayanan sehingga diharapkan adanya dukungan dari masyarakat turut mendukung seluruh aset kelistrikan yang sudah tersedia.
 
 
Sekadar diketahui, sebelumnya telah dilakukan Serah Terima Operasi (STO) antara PLN dan Pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang  bertepatan dengan Hari Listrik Nasional ke-77.


Tampak hadir Bupati Pegunungan Bintang Spei Yan Bidana, Kepala Suku Ketengban Timon Levi dan Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur EBTKE, Hendra Iswahyudi, bertempat halaman Distrik Kalomdol, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Kamis (27/10).
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022