Indonesia termasuk negara terbaik dalam menangani pandemi COVID-19
Jakarta (ANTARA) - Kepala Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Letjen TNI Suharyanto mengimbau agar masyarakat mencegah penyebaran COVID-19 varian XBB subvarian dari Omicron dengan tetap taat protokol kesehatan, serta berhati-hati meskipun berada di ruangan terbuka.

"Dalam kesempatan baik ini, saya mengimbau bapak ibu tetap hati-hati waspada, di tempat terbuka sudah boleh tidak pakai masker, tapi di ruang tertutup pakai masker, sakit batuk pilek pakai masker," ujar Suharyanto dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Kasus positif COVID-19 bertambah 2.109 orang di Indonesia
Baca juga: Vaksinasi dosis ketiga capai 64.983.827 orang di Indonesia

Ia mengatakan disamping bencana alam, ada bencana non alam yang ditangani oleh BNPB selaku Satgas COVID-19 nasional selama dua tahun terakhir.

"Indonesia termasuk negara terbaik dalam menangani pandemi COVID-19 dan hampir saja di akhir bulan akan diumumkan penghentian PPKM.
Tapi ternyata muncul virus varian XBB subvarian dari Omicron, mengakibatkan lonjakan kasus baru," ujarnya.

Untuk itu, Suharyanto mengimbau kepada masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, mengantisipasi penyebaran varian virus XBB, yang mana pandemi saat ini belum dinyatakan hilang dari Indonesia.

Baca juga: Epidemiolog: Tingkatkan pengurutan genom untuk deteksi subvarian XBB

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022