Bukittinggi (ANTARA) - Kepolisian Resor Bukittinggi secara resmi berganti menjadi Kepolisian Resor Kota seiring dengan keputusan kenaikan status yang dikukuhkan Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Barat Inspektur Jenderal Polisi Suharyono pada Sabtu.

Kenaikan tipe ini berdasarkan Keputusan Polri Nomor: Kep/1152/VIII/2022 tertanggal 30 Agustus 2022 tentang Kenaikan Tipe Polres Bukittinggi menjadi Polresta Bukittinggi dan juga menjadi yang kedua di Sumatera Barat setelah Polresta Padang.

Kapolda Sumbar Irjen Polisi Suharyono mengatakan dengan kenaikan status Polres Bukittinggi menjadi Polresta maka jabatan pimpinan di markas kepolisian wilayah Kota Bukittinggi dan Agam Timur itu juga akan berubah.

"Pemenuhan personel dan struktur organisasi serta sarana prasarana akan dilakukan bertahap sesuai Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2021 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja pada Tingkat Kepolisian Resor dan Sektor," kata Suharyono.

Kapolda mengatakan dengan kenaikan ini, Polresta Bukittinggi diminta untuk memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan lebih optimal kepada mayarakat.

"Semua tahapan sudah berjalan baik sebelumnya, perubahan ini harus meningkatkan semangat seluruh personel untuk menjadi SDM unggul yang profesional dan berkeadilan," kata Kapolda.

Ia meminta sinergi antara elemen masyarakat terus terjaga hingga situasi kamtibmas berjalan baik di wilayah hukum Polresta Bukittinggi pada masa mendatang.

"Termasuk kepada rekan media agar hal yang ditemukan dapat diberikan informasi dan dikoordinasikan sebaik-baiknya sehingga tidak terjadi misunderstanding. Kami sangat terbuka kepada media," katanya.

Selanjutnya, Polresta Bukittinggi akan dijabat perwira menengah berpangkat komisaris besar, sementara Kapolres Bukittinggi Ajun Komisaris Besar Polisi Wahyuni Sri Lestari masih memimpin dengan jabatan Pelaksana Tugas Kapolresta.

"Dengan telah diresmikannya Polresta Bukittinggi maka seluruh administrasi dan sistem layanan lainnya berubah mulai hari ini sesuai dengan kenaikan status. Selamat kepada seluruh personel yang telah mengabdi melayani masyarakat, mari pertahankan prestasi," kata Wahyuni.

Selain nantinya pimpinan dijabat perwira berpangkat komisaris besar, untuk jajaran ke bawah juga akan ada kenaikan pangkat satu tingkat mulai dari wakil kepala polresta serta kasat hingga kepala polsek.

Turut hadir dalam pengukuhan Polresta Bukittinggi itu, antara lain Wali Kota Bukittinggi Erman Safar, Ketua DPRD Benny Yusrial, dan jajaran forkopimda serta tokoh masyarakat.
 

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2022