menindaklanjuti arahan dari Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk melakukan pembersihan lingkungan di setiap wilayah
Jakarta (ANTARA) - Petugas gabungan sebanyak  100 personel dibantu warga melaksanakan kerja bakti membersihkan saluran air untuk mengantisipasi banjir di Kelurahan Selong, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

"Fokus pembersihan dilakukan pada saluran air yang ada, terlebih saat ini cuaca tengah masuk ke musim penghujan," kata Lurah Selong Murniasih dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Murniasih menuturkan  warga bekerja bakti di dua lokasi yakni di Jalan Mulawarman dan Jalan Sanjaya 1 Kelurahan Selong.

Ratusan petugas gabungan berasal dari Penanganan Prasarana dan Sarana Umum
​​​​​(PPSU), Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat), Bina Marga, Sumber Daya Air (SDA), Lingkungan Hidup, Pertamanan dan Hutan Kota yang dikerahkan untuk membantu warga membersihkan lingkungan.

Selain itu, kegiatan kerja bakti ini dilakukan menindaklanjuti arahan dari Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk melakukan pembersihan lingkungan di setiap wilayah.

Menurut dia, para personel mengerjakan tugas sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing Organisasi Perangkat Daerah.

Disebutkan untuk personel SDA, melakukan pembersihan saluran sebagai antisipasi genangan, Bina Marga memperbaiki trotoar yang rusak agar aman dan nyaman dilintasi masyarakat.

Kemudian Pertamanan dan Hutan Kota melakukan pemotongan dahan pohon-pohon yang sudah tinggi dan rimbun.

"Selain melakukan membersihkan lingkungan, juga dilakukan penanaman sebanyak 10 pohon, yaitu pohon beringin putih dan walisongo di jalur hijau kawasan tersebut," tuturnya.

Harapan Murniasih, dengan dilakukan kerja bakti maka lingkungan jadi bersih dan nyaman untuk ditempati para warga.
Baca juga: Wali Kota Jakpus rutin cek pompa air antisipasi genangan
Baca juga: Anggota DPRD berharap DKI segera bebaskan bantaran Kali Pesanggrahan
Baca juga: Jakpus buat 1.989 sumur resapan untuk antisipasi genangan

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022