Jakarta (ANTARA) - Petugas Polres Metro Jakarta Barat dan jajaran meningkatkan patroli malam hari untuk mencegah kejahatan jalanan pada sejumlah pusat keramaian.

"Kita tingkatkan patroli di malam hari untuk mencegah aksi kejahatan jalanan seperti tawuran, begal dan aktivitas kriminal lainnya," kata Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol Pasma Royce di Jakarta, Minggu.

Baca juga: Satpol PP Jakbar jaring PMKS dan PSK saat patroli Jumat dini hari

Pasma pun mencontohkan giat patroli malam di keramaian yang sempat dilakukan di wilayah Kota Tua, Taman Sari, Jakarta Barat, Sabtu (29/10).

Saat itu, lanjut dia, kegiatan patroli malam itu melibatkan jajaran Polres Metro Jakarta Barat dan Koramil Taman Sari.

"Di wilayah Kota Tua kita juga imbau warga bagi yang membawa anak-anak untuk diawasi jangan sampai terpisah dari orang tua serta bagi yang membawa kendaraan bermotor untuk memastikan motor dalam keadaan terkunci sebelum meninggalkan tempat parkir," ujar dia.

Tidak hanya wilayah Kota Tua, beberapa kawasan di kawasan Taman Sari juga dikelilingi tim patroli, di antaranya Kelurahan Pinangsia, Kelurahan Mapar, Kelurahan Krukut, dan Kelurahan Glodok.

Baca juga: Polisi patroli di Kampung Ambon untuk cegah peredaran narkotika

Pasma memastikan tim patroli Polres Metro Jakarta Barat dan jajaran polsek, serta Koramil akan rutin melalui pengawas di wilayah ramai demi mengantisipasi kejahatan jalanan.

Di saat yang sama, tokoh pemuda Jakarta Barat Umar Abdul Aziz menuturkan patroli malam yang dilakukan anggota gabungan itu cukup efektif mengantisipasi aksi kejahatan jalanan.

"Saya perhatikan kejahatan jalanan di wilayah Jakarta Barat sudah mulai terminimalisir dengan baik. Terutama titik-titik rawan di wilayah perbatasan seperti Kecamatan Cengkareng dan Kalideres," ucap Umar.

Namun demikian, dia berharap Polres Metro Jakarta Barat bersama pemerintah daerah dan unsur TNI konsisten menggelar patroli guna memastikan keamanan masyarakat di jalanan.

Baca juga: Satpol PP Jakarta Barat intensifkan patroli PSBB di Kota Tua

Pewarta: Walda Marison
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022