Jakarta (ANTARA) - Salernitana menumbangkan Lazio 3-1 dalam pertandingan Serie A Italia di Roma pada Minggu waktu setempat.

Tanpa Ciro Immobile yang cedera, Lazio sepertinya bakal mencatat kemenangan keenamnya dari tujuh pertandingan liga terakhir dan menduduki tempat kedua dalam klasemen, ketika Mattia Zaccagni membawa mereka unggul empat menit sebelum turun minum.

Lazio tidak kebobolan dalam enam pertandingan sebelumnya tetapi Salernitana tidak kehilangan akal untuk membukukan kemenangan pertamanya di Stadio Olimpico dan sekaligus mengantarkan Lazio terpental ke posisi keempat atau delapan poin di belakang pemimpin klasemen liga Napoli.

“Saya pernah melewatkan tahun-tahun yang hebat di sini di Olimpico. Saya merasa seperti di rumah ketika saya kembali ke sini, saya senang sekali,” kata pencetak gol Federico Fazio yang meninggalkan Roma pada Januari setelah lebih dari lima tahun memperkuat tim ibu kota Italia ini.

Baca juga: Emerson ungkap tidak pernah mendapatkan tawaran dari Liga Italia

Mantan pemain Lazio Antonio Candreva membawa Salernitana menyamakan kedudukan pada menit ke-51.

Beberapa menit kemudian tim asuhan Maurizio Sarri itu kembali dibobol mantan pemainnya yang kali ini, Federico Fazio.

Fazio merebut bola dari Flavius ​​Daniliuc yang kemudian dia lesakkan ke dalam gawang Lazio pada menit ke-68.

Boulaye Dia mencetak gol ketiga Salernitana dari serangan balik kilat yang turut mengantarkan timnya menempati posisi kesembilan dalam klasemen.

Baca juga: Menang telak 4-0 atas Sassuolo, Napoli kukuh di puncak klasemen

Dalam pertandingan lain, Atalanta memastikan tempat kedua dalam klasemen Liga Italia setelah Ademola Lookman mencetak gol keempatnya dalam lima pertandingan liga manakala timnya menang 2-0 di kandang Empoli.

Pemain internasional Nigeria itu memastikan Atalanta menyalip AC Milan yang tengah bertanding melawan Torino pada hari yang sama, dengan penyelesaian rendah sebelum laga masuk waktu satu jam.

Tim asuhan Gian Piero Gasperini itu kini tertinggal lima poin dari Napoli.

“Dia memiliki teknik dan kecepatan, sungguh pemain yang disukai oleh pelatih mana pun,” kata Gasperini tentang Lookman kepada DAZN seperti dikutip AFP.

Baca juga: Inzaghi sebut Oktober adalah bulan yang hampir sempurna untuk Inter

Hans Hateboer mencetak gol pembuka tim tamu pada menit ke-32 setelah tembakan Lookman terbelokkan ke jalur pemain timnas Belanda itu hanya beberapa inci dari gawang.

Atalanta nyaris mencatat kemenangan lebih meyakinkan lagi seandainya penalti Teun Koopmeiners tidak dihalau Guglielmo Vicario sebelum turun minum, setelah tangan Mattia Destro menyentuh bola dari tendangan bebas Lookman.

Empoli kini menduduki urutan ke-13 setelah menelan kekalahan kelimanya musim ini atau dua poin di belakang Fiorentina yang menang 2-1 melawan tuan rumah Spezia berkat gol penentu kemenangan Arthur Cabral pada menit-menit terakhir.

Sebelum gol Cabral dalam laga yang diwarnai kartu merah untuk Spezia itu, kedudukan adalah 1-1 setelah gol Nikola Milenkovic pada menit ke-11 disamakan pemain Spezia M'NBala Nzola pada menit ke-35.

Dalam pertandingan lainnya, Udinese bermain seri 0-0- melawan tim papan bawah Cremonese.

Baca juga: Mike Maignan belum menyerah untuk bela Prancis di Piala Dunia

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2022