Jakarta (ANTARA) - Danilho Doekhi mencetak gol penentu kemenangan pada menit ke-97 yang mengirimkan Union Berlin kembali ke puncak klasemen Bundesliga setelah menang 2-1 atas tamunya Borussia Moenchengladbach pada Minggu malam.

Union bangkit dari ketinggalan satu gol pada detik-detik terakhir pertandingan yang membuat suporternya kegirangan.

Union berselisih satu poin di atas juara bertahan Bayern Muenchen yang sehari sebelumnya membantai Mainz 6-2.

Striker Union Sheraldo Becker sepertinya sudah membawa tuan rumah unggul pada menit ke-29 dengan gol ketujuhnya musim ini, tetapi gol ini dianulir oleh VAR karena handball sebelum gol terjadi.

Tiga menit kemudian, Gladbach justru yang memimpin setelah Nico Elvedi membuat gol dengan menyundul tendangan sudut Lars Stindl.

Baca juga: Bayern tekuk Hoffenheim dua gol tanpa balas

Terancam menelan kekalahan kedua berturut-turut, manajer Union Urs Fischer mengganti lima pemain dalam periode 10 menit untuk berusaha mendapatkan setidaknya satu poin dari pertandingan itu.

Pergantian pemain ini berhasil, dengan sundulan Kevin Behrens menyamakan kedudukan hanya lima menit setelah masuk lapangan.

Di bawah dukungan penuh pendukungnya, Union tampil ngotot untuk memaksakan kemenangan sampai kemudian Christopher Trimmel mencetak gol pada menit ke-87, namun dianulir oleh VAR.

Tetapi akhirnya tuan rumah bisa memastikan kemenangannya setelah gelandang Jamie Leweling memberikan umpan silang kepada Doekhi yang menyundul bola dengan sentuhan terakhir pertandingan.

“Kami tidak menyerah dan kami percaya pada diri kami sendiri,” kata Fischer kepada DAZN seperti dikutip AFP. "Sungguh babak kedua yang fantastis."

Baca juga: Sulit menang di Bundesliga, CEO Bayern tetap dukung Nagelsmann

Dalam laga lainnya pada hari yang sama, Freiburg melompati Borussia Dortmund ke posisi ketiga klasemen Bundesliga setelah menang 2-0 atas Schalke berkat dua gol yang dicetak gelandang Vincenzo Grifo.

Grifo mencetak gol pertamanya dari permainan terbuka pada menit tambahan babak pertama, sebelum mencetak yang kedua dari titik penalti pada menit ke-61.

Grifo kini sudah mengumpulkan enam gol sepanjang musim ini.

Dalam pertandingan lainnya Cologne mendapatkan satu poin setelah seri 1-1 kala menjamu Hoffenheim.

Tuan rumah unggul lebih dulu berkat gol Florian Kainz pada menit ke-13 sebelum disamakan pada menit ke-35 oleh Jacob Bruun Larsen.

Baca juga: Borussia Dortmund akan jalani tur ke Indonesia

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2022