Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengajak Menteri Kesehatan Singapura Ong Ye Kung berwisata ke sejumlah destinasi yang termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional (TN) Komodo Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).
 

Beberapa destinasi tersebut mencakup Pulau Rinca, Pulau Sabolo, dan Manta Point.
 

"Ini sesuai dengan janji saya pada saat kunjungan kerja ke Singapura untuk mengajak beliau (Menteri Kesehatan Singapura Ong Ye Kung) melihat keindahan alam Labuan Bajo," kata Menparekraf di Labuan Bajo, NTT, lewat keterangan resmi, Jakarta, Senin.
 

Pulau Sabolo dipilih sebagai lokasi pertama Menparekraf bersama Menkes Singapura memulai jelajah destinasi di Labuan Bajo pada Jumat (28/10).
 

Pulau Sabolo disebut salah satu spot menyelam berkelas dunia di Labuan Bajo yang menjadi incaran para penyelam. Destinasi wisata tersebut menyimpan aneka ragam terumbu karang dan beragam flora-fauna laut.

Baca juga: Sandi ingin banyak investor tanam modal di Parapuar Labuan Bajo

Destinasi selanjutnya yang dikunjungi ialah Pulau Rinca pada Sabtu (29/11). Pulau Rinca menjadi salah satu habitat asli hewan endemik, yakni komodo, selain di Pulau Komodo.
 

Fasilitas di Pulau Rinca telah ditata lebih rapi sehingga wisatawan yang hendak melihat satwa komodo dapat mengunjungi Pulau Rinca dengan aman dan nyaman. Sebab, Pulau Komodo sudah ditetapkan pemerintah sebagai wilayah konservasi guna menjaga kelestarian lingkungan dan populasi komodo.
 

"Kawasan Rinca ini sekarang masih di buka dengan tarif lama, jadi silakan berkunjung ke Pulau Rinca untuk langsung melihat komodo di habitatnya tanpa kita mengganggu kelestariannya. Kita harus betul-betul jaga kebersihan dan perawatan dari Taman Nasional Komodo,” ucap Sandiaga.
 

Menparekraf dan Menkes Singapura di Labuan Bajo menutup kegiatan berwisata dengan melakukan aktivitas snorkeling (selam permukaan) di Manta Point yang menjadi tempat untuk bercengkerama langsung dengan satwa air langka, yaitu ikan manta (spesies ikan pari terbesar di dunia).

Baca juga: Retno Marsudi hingga Sandiaga Uno mampir ke festival kuliner

Menteri Kesehatan Singapura Ong Ye Kung mengungkapkan bahwa Indonesia terutama Labuan Bajo memiliki unique selling point yang tak dimiliki Singapura. Hal tersebut berpotensi menjadikan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata terbaik di Asia Tenggara hingga di tingkat dunia.
 

"Saya mau mengucapkan terima kasih kepada Menparekraf dan tim yang telah menjamu kami dengan sangat baik untuk melihat keindahan Labuan Bajo. Ini adalah destinasi dengan kualitas yang berkelas dunia yang tidak dimiliki oleh Singapura," ungkap Ong Ye.
 

Eksplorasi destinasi wisata yang dilakukan Sandiaga dalam rangka mengimplementasikan arahan Presiden Joko Widodo untuk mendongkrak wisatawan nusantara berwisata #DiIndonesiaAja, dan menjamu tamu kehormatan Menkes Singapura yang baru saja rampung mengikuti rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 "Health Ministerial's Meeting (HMM)" di Bali.

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022