Tujuan dari Maritime Award yakni menghargai dan mempromosikan pencapaian keunggulan di bidang kemaritiman.
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah tokoh nasional yang dinilai memiliki peran besar dalam pembangunan kemaritiman nasional masuk dalam kandidat penerima Penghargaan Maritim atau Maritim Awards 2022.

Maritime Awards merupakan salah satu program yang diselenggarakan oleh penyelenggara kegiatan ISPEC (International Sea Port Exhibition and Conference) bekerja sama dan didukung oleh beberapa Kementerian Republik Indonesia serta beberapa pemangku kepentingan dalam rangka memperingati Hari Maritim Nasional dan Hari Nusantara.

Ketua Pelaksana ISPEC Fajar Bagoes Poetranto dalam keterangannya di Jakarta, Senin, mengatakan, Penghargaan Maritime Awards Djuanda Kartawidjaja dan Soedarpo Sastrosatomo digelar pada 16 Desember 2022 di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

"Tujuan dari Maritime Award yakni menghargai dan mempromosikan pencapaian keunggulan di bidang kemaritiman," ujarnya.

Baca juga: Menhub meminta pelaku industri maritim turut atasi perubahan iklim

Kemudian, memberikan penghargaan kepada perseorangan yang menunjukkan dedikasi dalam bidang maritim dengan melahirkan gagasan atau pemikiran atau menghasilkan karya yang berpengaruh di tingkat daerah, nasional, dan internasional khususnya di bidang maritim.

Selain itu untuk mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Indonesia sebagai negara poros maritim dunia dengan sumber daya manusia yang produktif dalam bidang maritim.

Menurut Fajar ide penganugerahan ini dicetuskan oleh Yayasan Biijana Paksi Sitengsu sebagai wujud apresiasi kepada para tokoh nasional yang fokus di bidang maritim.

Ada beberapa kategori dalam Penghargaan Maritime Awards Djuanda Kartawidjaja dan Soedarpo Sastrosatomo seperti Inisiator Kebijakan di Bidang Pembangunan Maritim.

Dalam kategori ini sejumlah tokoh nasional menjadi kandidat yakni Sri Sultan Hamengku Buwono X, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional H. Suharso Monoarfa.

Baca juga: Menperin: Industri perkapalan berperan wujudkan RI jadi poros maritim

Berikutnya kategori Diplomasi Maritim, para kandidatnya terdiri dari Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono, Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Marsetio, dan Prof. Dr. Hasyim Djalal, MA.

Kategori Perintis dan Praktisi di Bidang Maritim, kandidatnya adalah Dr. Capt. Entin Kartini, MM, Capt. Mek Slamet Wibowo, serta Capt. Gita Arjakusuma.

Maritime Award untuk kategori Lifetime Achievement diberikan kepada Ir. H. Djuanda Kartawidjaja, Mochtar Kusumaatmadja, dan Soedarpo Sastrosatomo.

Rencananya kegiatan Maritime Awards ini akan digelar di atas kapal legendaris KRI Dewaruci dan rencananya akan diserahkan oleh keluarga besar Djuanda Kartawidjaja dan Keluarga besar Soedarpo Sastrosatomo

"Selain itu kegiatan Penghargaan Maritime Awards Djuanda Kartawidjaja dan Soedarpo Sastrosatomo,  bakal diadakan Pemecahan Rekor Rampak Genderang Suku Bajo," ujar Fajar yang juga Ketua Yayasan BiijanaPaksi Sitengsu.

Dalam kegiatan Penghargaan Maritime Awards Djuanda Kartawidjaja dan Soedarpo Sastrosatomo ini, ISPEC menggandeng TNI AL sebagai tempat penyelanggaraan acara.

Pewarta: Subagyo
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022