Jakarta (ANTARA) - Deteksi dini melalui skrinning untuk kanker payudara sangat diperlukan.

Memeriksakan diri meski tidak memiliki gejala atau keluhan apapun secara berkala dapat mencegah terjadinya kanker payudara stadium lanjut dengan menggunkan USG dan mammogram, demikian Presiden Komisaris PT Kalbe Farma Tbk, Irawati Setiady dalam siaran pers pada Senin.

"Kalbe berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam memberikan edukasi terkini dan meningkatkan awareness seputar kanker payudara. Tujuannya, bersama sehatkan bangsa, untuk meningkatkan kehidupan yang lebih baik," kata Ira, sapaan akrabnya.

Ira menekankan bahwa Kalbe tidak dapat berjalan sendiri, maka melakukan kolaborasi dengan seluruh pejuang, penyintas dan caregiver kanker, tenaga medis, rumah sakit, dan seluruh stakeholder terkait kanker.

Kegiatan yang sejalan dengan visi dan misi Kalbe ini disambut baik oleh aktris sekaligus penyintas dan pemerhati kanker, Shahnaz Haque.

Dia mengatakan, dukungan keluarga dan orang terdekat sangat penting untuk mendukung keadaan mental dan emosional pejuang kanker.

"Saat saya divonis mengidap kanker, dunia serasa berhenti dan saya tidak semangat untuk melakukan apa pun. Di sini pentingnya kehadiran orang-orang terdekat, yaitu untuk menumbuhkan semangat untuk terus sehat, membangun kekuatan mental dan emosional, tidaklah mudah dan tidak bisa dilakukan sendiri," kata Shahnaz.

Selain itu, One Onco Leader, dr. Selvinna, M.Biomed menambahkan bahwa aspek fisik dan klinis melalui pemberian nutrisi penting terhadap pasien kanker yang sedang menjalani terapi hingga untuk mencegah kekambuhan. Sebab, status nutrisi pada pasien kanker berhubungan dengan respons terapi, prognosis, dan kualitas hidup.

Malnutrisi dan komplikasi sering terjadi pada pejuang kanker, yakni 24 persen pada stadium dini dan lebih dari 80 persen pada stadium lanjut. Pemenuhan nutrisi optimal dapat menghambat terjadinya penurunan berat badan dan infeksi lebih lanjut, sehingga terapi nutrisi yang tepat diharapkan dapat membantu keberhasilan terapi pengobatan pasien kanker.

"Salah satu pendukung nutrisi bagi pejuang kanker adalah Nutrican, yang merupakan makanan pelengkap dan pengganti sebelum, selama, maupun sesudah menjalani terapi. Nutrican merupakan produk nutrisi kanker pertama di Indonesia, salah satu inovasi dari Kalbe yang dirancang khusus dengan tinggi energi dan protein,” kata dr. Selvinna.

PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui One Onco terus berkomitmen mengedukasi masyarakat terkait kanker di Indonesia. Salah satu kegiatan rutin yang dilakukan ialah mengajak masyarakat deteksi kanker payudara melalui acara Breast Cancer Awareness Month, yang tahun ini bertema "It’s Time to Rise and Never Stop Hoping".

Kanker payudara merupakan jenis kanker yang paling banyak didiagnosis pada wanita di seluruh dunia, yang setiap tahunnya terdapat 506.000 orang meninggal dunia. Di Indonesia, ada lebih dari 65.000 kasus baru dan 60—70 persen pasien kanker payudara yang datang ke rumah sakit sudah dalam stadium tiga dan empat.

Baca juga: RUSD Riau layani 1.200 pasien/hari, didominasi pasien penyakit kanker

Baca juga: Peringati Bulan Kanker, Good Doctor donasikan 150 ribu masker

Baca juga: Kombinasi USG payudara-mammografi deteksi keganasan sampai 95 persen

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022