Jakarta (ANTARA) - Perawat Geriatri RSCM, Eva Rista meminta keluarga untuk menjaga asupan nutrisi bagi lanjut usia (lansia) selama perawatan di rumah.

"Biasanya pasien lansia yang selama perawatan di rumah sakit terjadi penurunan, baik fisik, mental, maupun sosialnya. Oleh karena itu, diperlukan perawatan lanjutan di rumah," ujar Eva Rista dalam Webinar HUT RSCM yang diikuti secara daring di Jakarta, Senin.

Ia mengemukakan salah satu yang diperlukan dalam perawatan lanjutan lansia di rumah adalah kebutuhan nutrisi.

Baca juga: Nutrisi kurang lengkap percepat proses penuaan pada lansia

Ia menyampaikan kebutuhan nutrisi yang dimaksud adalah nutrisi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga keseimbangan berat badan, dan mencegah tubuh terhindar dari penyakit.

"Biasanya penyakit para lansia adalah penyakit degeneratif, yaitu penyakit-penyakit yang didapat karena makanan atau gaya hidup lansia tersebut. Contohnya, penyakit jantung, stroke, diabetes, darah tinggi, osteoporosis, dan kanker," paparnya.

Ia meminta agar lansia dapat meningkatkan konsumsi berbasis umbi-umbian dan mengurangi nasi putih, roti putih, biskuit, mie, dan sejenisnya.

Untuk hewani, lanjut dia, diutamakan memilih ikan, karena mengandung asam lemak omega tiga untuk kesehatan persendian dan fungsi kognitif.

Selain itu, katanya, susu juga diperlukan sebagai pemenuhan kalsium untuk menjaga kesehatan tulang, keseimbangan cairan tubuh, relaksasi otot dan stabilitas denyut jantung.

Ia mengatakan asupan nutrisi lainnya yang perlu menjadi perhatian, yakni protein nabati seperti tempe dan tahu.

"Itu baik sekali bagi lansia, karena mengandung protein yang baik, kandungan lemaknya juga tidak ada dan tidak beresiko terhadap tambahan zat kimia," katanya.

Sementara untuk sayuran dan buah, lanjutnya, harus mengandung sumber serat karena dapat membantu lansia membuang air besar, vitamin C, asam folat, dan kalium.

Baca juga: Pakar: Asupan nutrisi dan gaya hidup kunci hidup sehat lansia

Baca juga: Jangan lupa protein dalam menu makan lansia


Sedangkan hal-hal yang harus dibatasi adalah gula, garam, dan lemak. "Tidak menghilangkan, tapi kita hanya membatasi karena garam, gula, dan lemak tetap dibutuhkan bagi lansia," tuturnya.

Untuk meningkatkan rasa makanan, lanjut Eva, dapat menggunakan aneka bawang goreng, daun bawang, daun seledri, aneka rempah, kaldu, tomat, dan ceri.

"Boleh juga menggunakan cabai sesuai dengan toleransi personal," ucapnya.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022