Kupang (ANTARA) - Tim SAR gabungan melakukan penyisiran melalui jalur darat di sepanjang Tanjung Kurus dan Barate guna mencari 17 penumpang yang hilang dalam peristiwa terbakarnya Kapal Cepat Cantika Express 77 di Perairan Naikliu Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

"Dalam operasi SAR hari ke delapan hingga pukul 12.00 Wita, belum ada korban hilang yang ditemukan," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang I Putu Sudayana di Kupang, Senin.

Baca juga: Operasi pencarian 17 korban kapal terbakar di NTT diperpanjang

I Putu Sudayana mengatakan hal itu terkait perkembangan pencarian para korban yang merupakan penumpang yang masih hilang dalam kasus terbakarnya Kapal Cepat Cantika Express 77 pada Senin (24/10) pukul 14.00 Wita.

Ia menjelaskan, pencarian 17 penumpang yang masih hilang dilakukan tim SAR dengan melakukan penyisiran di sepanjang pantai mulai dari Karang Tanjung Kurus hingga ke Tanjung Barate.

Baca juga: Basarnas libatkan tim penyelam cari korban kapal terbakar di NTT

"Dalam pencarian itu juga tim SAR melakukan koordinasi dengan masyarakat untuk melaporkan kepada Basarnas atau TNI/Polri dan aparat pemerintah setempat apabila menemukan adanya korban jiwa saat turun melaut mencari ikan," kata I Putu Sudayana.

Dia menjelaskan, sekalipun kondisi gelombang laut di perairan Teluk Kupang cukup besar, namun tim SAR gabungan yang menggunakan RIB 10 Kupang masih tetap melakukan upaya pencarian terhadap para penumpang yang belum ditemukan di sepanjang pesisir pantai Teluk Kupang.

Baca juga: Operasi SAR kapal terbakar di NTT libatkan keluarga korban hilang

"Memang terjadi gelombang dan hujan lebat di lokasi pencarian tetapi tim SAR masih berupaya melakukan pencarian terhadap para korban yang belum ditemukan itu. Dalam operasi SAR yang diperpanjang selama tiga hari ke depan kami masih melakukan pencarian," kata I Putu Sudayana.

Untuk diketahui, Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang memutuskan untuk memperpanjang tiga hari pencarian terhadap para penumpang Kapal Cepat Cantika Express 77 yang masih dinyatakan hilang.

Sesuai data yang dimiliki Basarnas Kupang jumlah penumpang dalam kapal yang mengalami naas itu berjumlah 362 orang dan yang ditemukan dalam kondisi selamat 325 orang dan meninggal 20 orang serta penumpang yang masih dinyatakan hilang 17 orang.

Baca juga: Ketua Konferensi Wali Gereja Indonesia doakan korban kapal terbakar di NTT
Baca juga: Tim labfor menyelam sedalam 20 meter olah TKP kapal terbakar di NTT

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2022