Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin menerima Duta Besar Persatuan Emirat Arab (PEA) untuk Indonesia Abdulla Salem Obaid Aldhaheri, di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Senin, untuk membahas tindak lanjut dan peningkatan kerja sama Indonesia-PEA di berbagai bidang.

Pada pertemuan tersebut, Wapres berharap beberapa hal yang telah disepakati kedua negara dapat segera ditindaklanjuti, salah satunya kerja sama di bidang pendidikan, antara Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta dengan Mohammed Bin Zayed (MBZ) University for Humanities.

“Saya menyambut baik dan memberikan dukungan atas kerja sama kedua negara untuk membangun 'school for future studies dan saya berharap kerja sama ini dapat segera direalisasikan,” tutur Wapres dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin.

Selain dengan UNU Yogyakarta, Wapres berharap agar Pemerintah Persatuan Emirat Arab melakukan kerja sama dengan lembaga pendidikan lain di Indonesia.

Wapres berharap Pemerintah Persatuan Emirat Arab dapat meningkatkan kerja sama dengan Indonesia di bidang ekonomi dan keuangan syariah.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin minta masyarakat tetap waspadai varian Omicron XBB

“Indonesia ingin melakukan kerja sama lebih erat (dengan Persatuan Emirat Arab), terutama dalam produk-produk unggulan, seperti fesyen, farmasi, wisata, makanan, dan minuman halal. Bahkan Indonesia ingin agar Persatuan Emirat Arab menjadi hub untuk ekspor Indonesia ke negara-negara di Timur Tengah,” urai Wapres.

Merespons sejumlah hal tersebut, Duta Besar Abdulla mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan kerja sama dengan lembaga pendidikan lain di Solo, Jawa Tengah.

“Terkait rencana kerja sama antara MBZ University for Humanities dengan UNU untuk mendirikan 'school for future studies', kami ingin menyampaikan ada pula kerja sama untuk kemitraan antara ma’had (lembaga pendidikan) filsafat islamiyah di Solo, dan kita berharap kerja sama di bidang tersebut dapat semakin dimajukan,” ujar Abdulla.

Baca juga: Wapres Ma'ruf: Sumpah Pemuda jadi momentum kebangkitan konten kreatif

Duta Besar Abdulla menyambut baik permintaan peningkatan kerja sama bidang ekonomi dan keuangan syariah.

Ia menginformasikan bahwa dalam enam bulan terakhir, negaranya telah menyelenggarakan 2 forum bisnis yang melibatkan investor-investor dari negara Persatuan Emirat Arab di bidang kesehatan, termasuk vaksin. Dia berharap kerja sama dapat dimajukan, termasuk di bidang industri, baik di Indonesia maupun Persatuan Emirat Arab.

Selain pembicaraan mengenai kerja sama di kedua bidang tersebut, Wapres K.H. Ma’ruf Amin mengapresiasi kesediaan Persatuan Emirat Arab untuk berinvestasi di bidang pembangunan ibu kota negara (IKN) serta di bidang siber dan intelijen.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022