Medan (ANTARA) - Persatuan Binaraga Fitness Indonesia (PBFI) Sumatera Utara memasang target lima medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumut.

Ketua PBFI Sumut Herri Zulkarnain Hutajulu mengatakan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumut yang saat ini berlangsung di Medan menjadi ajang strategis sebagai titik awal persiapan menyongsong PON 2024, terurama dalam cabang olahraga binaraga.

Herri mengaku lewat hasil penyelenggaraan Porprov pihaknya telah menyiapkan sejumlah program untuk meningkatkan kemampuan atlet menuju PON 2024.

"Intinya Porprov adalah ajang bagi binaragawan Sumut untuk meraih target 5 medali emas pada PON XXI Aceh Sumut 2024 mendatang. Mudah-mudahan dengan lahirnya para juara di Porprov kali ini target kita meraih 5 medali emas pada PON mendatang bisa tercapai," katanya di Medan, Senin.

Kota Medan keluar sebagai juara umum binaraga Porprov Sumut lewat raihan empat medali emas dan dua perunggu, diikuti Kabupaten Deli Serdang dengan dua emas, tiga perak, dan dua perunggu, serta Kabupaten Labuhanbatu yang memperoleh dua emas dan dua perak.

Baca juga: PBFI ingatkan atlet binaraga jauhi doping

Herri juga mengingatkan kembali pada binaragawan di Sumut agar senantiasa menaati aturan dan ketentuan serta menghindari potensi doping.

"Kita ingatkan seluruh anggota kontingen tampil sportif, jangan sesekali berbuat curang apalagi menggunakan doping," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya bersyukur dan gembira, sebagai cabang olahraga baru sejak berpisah dengan Persatuan Angkat Besi dan Binaraga Seluruh Indonesia (PABBSI), binaraga sudah dipertandingkan di Porprov Sumut 2022.

Bagi Herri dipertandingkannya binaraga di Porprov merupakan prestasi bagi induk organisasi olahraga yang dipimpinnya, karena itu ia berharap hal positif tersebut tidak dinodai hanya karena dorongan sesaat ingin berprestasi.

"Karena itu, khusus menghadapi Porprov ini, kami telah menetapkan rambu-rambu khusus terkait doping. Kami bertekad melalui Porprov citra binaraga fitness bisa lebih baik, tidak lagi dianggap sebagai cabor yang rawan akan doping," katanya.

Baca juga: Binaraga dipertandingkan di PON 2024 dengan persyaratan ketat

Pewarta: Juraidi
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022