Ini kita sudah mengevaluasi langsung
Jakarta (ANTARA) - Lembaga permasyarakatan (Lapas) Kelas I Cipinang, Jakarta Timur, melakukan evaluasi terkait sistem keamanan usai ada seorang narapidana (napi) bandar narkoba kabur dari penjara itu pada Sabtu (29/10).

Kalapas Kelas I Cipinang, Tony Nainggolan, di Jakarta, Senin, mengatakan bahwa pihaknya telah menguatkan titik-titik pos penjagaan untuk mengantisipasi kejadian serupa tidak terjadi.

"Ini kita sudah mengevaluasi langsung termasuk peralatan yang kita gunakan, personel yang kita gunakan, termasuk mengubah dan menguatkan titik pos," kata Tony. 

Tony menambahkan pihaknya juga mengevaluasi beberapa titik kamera pengawas atau CCTV di Lapas Kelas I Cipinang agar dapat memantau aktivitas narapidana.

Baca juga: Polrestro Jaktim buru napi bandar narkoba kabur dari Lapas Cipinang

"Kita juga telah mengubah beberapa titik CCTV yang bisa memantau warga binaan," ujar Tony.

Lebih lanjut, Tony menegaskan kepada pelaku untuk segera menyerahkan diri kepada petugas yang saat ini sedang bergerak untuk memburu yang bersangkutan.

"Daripada yang bersangkutan kita buru terus sampai tertangkap kembali. Remisi yang sudah dia dapat itu lima bulan 15 hari. Sia-sia nanti remisi yang sudah dia dapat," kata Tony.

Sebelumnya, seorang narapidana (napi) bandar narkoba bernama Aditya Egatifyan alias Bokir, kabur dan melarikan diri dari Lapas Kelas I Cipinang pada Sabtu (29/10).

Baca juga: Napi kabur dari Lapas Cipinang diminta segera serahkan diri

"Kejadiannya kemarin (29/10) sore sehabis shalat Magrib. Bandar narkoba. Sekarang masih dalam pencarian," kata Kepala Lapas Kelas I Cipinang, Tony Nainggolan, di Jakarta, Minggu (30/10).

Tony mengatakan Aditya Egatifyan alias Bokir (25) sedang menjalani vonis 14 tahun penjara.

Meski demikian, Tony belum mengetahui pasti bagaimana cara Bokir dapat kabur dari Lapas Kelas I Cipinang tersebut.

Tony menyebut bahwa Bokir memiliki ciri khusus tinggi badan sekitar 175 sentimeter dengan tato di bagian lengan kiri.

Baca juga: Lapas Cipinang benarkan kabar napi bandar narkoba kabur

Tony mengatakan berdasarkan hasil penyelidikan sementara diduga Aditya kabur dengan cara memanjat atap tempat pelatihan kuliner dan pagar ornamesh menggunakan alat bantu sarung.

"Masih dalam pendalaman. Dugaan sementara dengan memanjat atap tempat pelatihan kuliner dan memanjat pagar ornamesh dengan alat bantu sarung," ujar Tony.

Dia juga meminta kepada warga yang memiliki informasi terkait keberadaan Bokir dapat menghubungi Kepala Pengamanan Lapas Kelas I Cipinang, Sukarno Ali di nomor 081316797699.

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022