Kuala Lumpur (ANTARA) - Kementerian Kesehatan Malaysia (KKM) mengatakan telah mendeteksi empat kasus COVID-19 subvarian Omicron XBB, yang diduga berperan memicu gelombang kecil di negara tersebut.

“Kita berpandangan bahwa tren (peningkatan kasus COVID-19) masih akan didorong oleh penularan varian Omicron. Dan kita meneliti bahwa yang menyebabkan peningkatan kasus adalah subvarian XBB yang telah menyebabkan peningkatan gelombang di Singapura baru-baru ini,” kata Menteri Kesehatan Khairy Jamaluddin dalam keterangan pers di Putrajaya, Senin.

Singapura baru saja melewati gelombang XBB, yang memakan waktu 3-4 minggu sebelum kasus penularan COVID-19 di sana menurun.

Berdasarkan hasil penelitian genom, Institut Penelitian Medis telah mendeteksi empat kasus XBB di Malaysia, yang terdiri dari tiga pasien laki-laki dan satu perempuan dengan usia 25-51 tahun.

Keempatnya merupakan warga negara Malaysia dan dikelompokkan sebagai pasien kategori 2, yaitu mengalami gejala demam dan sakit tenggorokan ringan.

Mereka menjalani isolasi selama seminggu, dan kontak dekat juga sudah terkawal, kata Khairy.

Menurut dia, satu dari empat pasien tersebut merupakan kasus infeksi berulang.

Ia mengatakan subvarian XBB dikenal sama dengan varian-varian sebelumnya, tetapi dapat menjangkiti lagi pasien COVID-19 yang sudah sembuh.

Saat ini, KKM sedang mengkaji berdasarkan data yang ada di Singapura, apakah infeksi berulang oleh XBB terjadi lebih cepat atau tidak.

Khairy sebelumnya mengatakan gelombang penularan COVID-19 akan datang dan pergi, jumlah kasus akan pasang dan surut, dan mungkin beberapa minggu ke depan trennya akan meningkat.

Meski penggunaan masker tidak lagi diwajibkan dan bersifat sukarela, kata dia, sekarang ini masyarakat sangat dianjurkan untuk menggunakannya, terutama di kawasan tertutup yang sesak pengunjung dan bagi mereka yang berisiko tinggi, seperti warga berusia 50 tahun ke atas atau pengidap penyakit kronis.

Baca juga: Malaysia hadapi gelombang kecil COVID-19, kasus naik 16,5 persen
Baca juga: KKM siapkan panduan khusus "pemilu aman COVID-19"
Baca juga: Masker tidak lagi wajib digunakan dalam penerbangan menuju Malaysia


Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2022