Sudah ada petugas diperiksa
Jakarta (ANTARA) - Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas I Cipinang, Jakarta Timur, telah melakukan pemeriksaan internal terhadap petugas dan warga binaan terkait adanya seorang narapidana (napi) bandar narkoba kabur.

Kepala Lapas Kelas I Cipinang, Tony Nainggolan, di Jakarta, Senin, mengatakan setidaknya saat ini sudah ada sebanyak delapan petugas lapas dan lima warga binaan yang telah diperiksa.

"Sudah ada petugas diperiksa. Masih pemeriksaan internal dari Lapas Kelas I Cipinang untuk menghimpun informasi sementara," kata Tony. 

Tony menambahkan berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut diketahui bahwa napi atas nama Aditya Egatifyan alias Bokir itu kabur seorang diri.

Tony juga mengatakan bahwa pihaknya mengakui telah kecolongan serta ada faktor kelalaian dalam sistem pengamanan di Lapas Kelas I Cipinang.

Baca juga: Lapas Cipinang evaluasi sistem keamanan usai narapidana kabur

"Kami mengakui ada kecolongan yang artinya sampai sekarang ini penelusuran kami tidak ada yang membantu yang bersangkutan," ujar Tony.

Sebelumnya, seorang narapidana (napi) bandar narkoba bernama Aditya Egatifyan alias Bokir, kabur dan melarikan diri dari Lapas Kelas I Cipinang pada Sabtu (29/10).

"Kejadiannya kemarin (29/10) sore sehabis shalat Magrib. Bandar narkoba. Sekarang masih dalam pencarian," kata Tony.

Tony mengatakan Aditya Egatifyan alias Bokir (25) sedang menjalani vonis 14 tahun penjara.

Meski demikian, Tony belum mengetahui pasti bagaimana cara Bokir dapat kabur dari Lapas Kelas I Cipinang tersebut.

Baca juga: Polrestro Jaktim buru napi bandar narkoba kabur dari Lapas Cipinang

Tony menyebut bahwa Bokir memiliki ciri khusus tinggi badan sekitar 175 sentimeter dengan tato di bagian lengan kiri.

Tony mengatakan berdasarkan hasil penyelidikan sementara diduga Aditya kabur dengan cara memanjat atap tempat pelatihan kuliner dan pagar ornamesh menggunakan alat bantu sarung.

"Masih dalam pendalaman. Dugaan sementara dengan memanjat atap tempat pelatihan kuliner dan memanjat pagar ornamesh dengan alat bantu sarung," ujar Tony.

Dia juga meminta kepada warga yang memiliki informasi terkait keberadaan Bokir dapat menghubungi Kepala Pengamanan Lapas Kelas I Cipinang, Sukarno Ali di nomor 081316797699.

Baca juga: Napi kabur dari Lapas Cipinang diminta segera serahkan diri

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022