Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 128 atlet pelajar SMA putra-putri Student Athletics Championships (SAC) Indonesia dari empat lokasi kualifikasi lolos ke ajang National Championship 2022 yang bakal berlangsung di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, 9-10 Desember mendatang.

Empat lokasi yang menuntaskan kualifikasi berdasarkan data yang dihimpun media di Jakarta, Senin, adalah Bali-Nusa Tenggara, Papua, Yogjakara dan Kalimantan. Saat ini masih ada lima kualifikasi yang bakal digelar oleh PB PASI yang bekerja sama dengan DBL Indonesia itu.

Khusus untuk kualifikasi Kalimantan yang berlangsung di Lapangan Jurusan Pendidikan, Olahraga dan Kesehatan (JPOK) Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel), 28-30 Oktober, ada 32 atlet yang lolos ke National Championship seperti daerah kualifikasi lain.

"Energen Champion SAC Indonesia ini bagus untuk anak-anak yang belum berlomba jadi bisa berlomba. Sementara anak-anak yang sudah berlomba, agar bisa lebih baik lagi hasil lombanya. Saya berharap nantinya, anak-anak ini bisa mewakili Kalimantan di ajang nasional. Maupun Internasional," kata Ketua PASI Kalsel Sarmidi.

Baca juga: Pemecahan rekor warnai SAC Indonesia kualifikasi Kalimantan

Menurut dia, pada kualifikasi Kalimantan sukses melahirkan catatan rekor nomor lompat jauh putri atas nama Winney Maharati Ruung dari SMAN 1 Tanjung Kabupaten Tabalong, Kalimantan Tengah sejauh 4,7 meter.

Apa yang diraih oleh Winney Maharati Ruung adalah yang terjauh jika dibandingkan dengan hasil kualifikasi daerah lain misalnya atlet kualifikasi Bali dengan 4,39 meter dan atlet kualifikasi Yogyakarta dengan 4,20 meter.

Untuk nomor bergengsi sprint atau lari 100 meter tingkat SMA, sprinter asal SMAN 1 Batu Ampar, M. Rifqi Ullil Ikhbal, tampil sebagai yang tercepat dengan catatan waktu 11,27 detik. Disusul oleh Reza Surya Saputra dari SMKN 1 Sukamara sebagai runner-up dengan waktu 11,92 detik.

Sedangkan untuk persaingan putri, gelar ratu sprinter direbut Meisya Putri dari SMAN 1 Tanjung dengan catatan waktu 13,27 detik. Sedangkan Salsa Billa (SMKN 1 Tanjung) finis pada urutan kedua dengan catatan 14,43 detik.

"Penyelenggaraan kompetisi tingkat pelajar seperti inilah yang harus lebih digalakkan. Karena saya yakin bakal efektif menjaring bibit-bibit muda sejak dini yang berpotensi,” kata salah satu atlet nasional asal Kalsel di nomor lari jarak pendek, Ahmad Amiruddin yang juga terlibat dalam kegiatan tersebut.

Pada Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2022 kualifikasi Kalimantan ada lima main event yang dilombakan yakni sprint, middle distance, relays, long jump, dan shot put. Serta dua supporting event, yakni Formula One dan Kanga’s Escape.

Setelah Kalimantan, kualifikasi SAC Indonesia akan bergerak ke Jawa Timur di Lapangan Atletik THOR, Surabaya, 4-6 November. Berlanjut kemudian kualifikasi Sumatera Utara di Medan (11-13 November), kualifikasi Jawa Barat di Bandung (25-27 November), kualifikasi DKI Jakarta dan Banten di Jakarta (18-20 November), serta kualifikasi Jawa Tengah di Semarang (25-27 November).

Baca juga: 3.123 atlet turun di Student Athletics Championships 2022 Yogjakarta
Baca juga: Mimika Papua jadi kota kedua kualifikasi Champion SAC Indonesia 2022

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022