Kita harus beradaptasi dengan kondisi sekarang bahwa semua orang sudah go digital, kemudian kita juga perlu berinovasi, berkolaborasi
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melakukan kerja sama dengan Tokopedia sebagai strategi beradaptasi dalam lingkup digital.

"Sesuai arahan Pak Sandi (Menparekraf Sandiaga Uno), kita harus beradaptasi dengan kondisi sekarang bahwa semua orang sudah go digital, kemudian kita juga perlu berinovasi, berkolaborasi dan kebetulan Tokped (Tokopedia) ini adalah strategic partner kita," kata Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf Martini Mohammad Paham dalam "The Weekly Brief with Sandi Uno" yang digelar di gedung Kemenparekraf, Jakarta, Senin.

Diah sapaan akrabnya menuturkan bersama dengan Tokopedia, pihaknya tak hanya melakukan pengembangan SDM menggunakan platform e-commerce namun juga sebagai platform pemasaran serta Tokopedia turut memberikan data atau insight terkait pemahaman profiling preferensi benefit ke arah yang lebih baik.
 
Sebelumnya Kemenparekraf telah melakukan sejumlah kerja sama seperti live shopping Inacraft, dalam perhelatan MotoGP Mandalika, kampanye festival di Indonesia Aja, Ramadhan Bangga Lokal, Beli Buku Lokal Beli Kreatif Danau Toba, kemudian yang tengah berjalan (on going) adalah Kreatif Sumatera Selatan.
 
Menparekraf Sandiaga juga menyampaikan bahwa kerja sama yang dijalin sangat konkret dan tidak mengawang-awang.
 
"Kerja samanya konkret sekali, jadi nggak ngawang-ngawang karena semuanya sudah aktivasi misalnya live shopping, kemarin di Inacraft, habis semua," imbuhnya.

Sementara itu, Co Founder/Vice Chairman Tokopedia Leontinus A Edison menyampaikan kerja sama ini sejalan dengan komitmen untuk membantu UMKM Indonesia melalui kolaborasi yang dilakukan dengan Kemenparekraf.
 
"Yang pertama komitmen kita selalu membantu UMKM-nya Indonesia dan terutama sejak pandemi, krisis kali ini agak beda, UMKM yang salah satu terdampak, tapi untungnya kita sama-sama pemerintah, makanya kolaborasi sangat penting,” ujarnya.
 
Leon juga menuturkan selain memperkuat kerja sama yang sudah ada, pihaknya ingin meningkatkan sisi travel entertainment yang diperkuat dengan kolaborasi dengan Kemenparekraf yang menaungi bidang tersebut.
 
Adapun kerja sama yang dilakukan Kemenparekraf dengan Tokopedia mencakup hal peningkatan kualitas SDM, pemanfaatan platform digital di bidang parekraf serta pengembangan pemasaran parekraf.

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022