Jakarta (ANTARA) - Tim nasional bola basket putri Indonesia menjuarai musim perdana Liga Bola Basket Putri Asia Tenggara (SWBL) menyusul kemenangan tim Indonesia Elite atas Sniper Basketball Clup 65-56 pada Gim 3 Final yang juga merupakan laga penentuan yang berlangsung di GOR Kertajaya Surabaya, Senin.

Hasil itu membuat Indonesia Elite meraih trofi SWBL 2022 dengan kemenangan 2-1 atas klub asal Thailand tersebut dalam rangkaian pertandingan final yang telah berlangsung sejak Sabtu (29/10).

Tim asuhan July Wong itu sejatinya mengawali keunggulan dengan merebut Gim 1 pada pertandingan final yang digelar Sabtu (29/10), namun kemudian dipaksa memainkan Gim 3 setelah kekalahan 59-63 pada pertandingan final Gim 2 yang berlangsung sehari sebelumnya. Indonesia pada akhirnya berhasil mengangkat piala juara WSBL musim perdana setelah menaklukkan Sniper Basketball Club dengan skor 65-56.

Baca juga: Perbasi: Liga Basket Putri ASEAN ajang cetak prestasi baru bagi atlet

Adelalide Callista Wongsohardjo menjadi pemain yang memimpin perolehan angka tim Indonesia Elite pada laga malam ini dengan 12 poin, 7 rebound, dan 7 assist, demikian dikutip dari laman media sosial resmi Indonesia Elite @basketnasputri di Jakarta, Senin.

SWBL untuk pertama kalinya digelar sebagai wadah kompetisi antarklub bola basket di Asia Tenggara. Pada edisi pertama penyelenggaraan, SWBL 2022 hanya diikuti tiga tim dari tiga negara, yaitu Indonesia Elite, Harimau Malaysia, dan Sniper Basketball Thailand.

SWBL 2022 digelar dalam tiga seri. Seri pertama digelar di Korat, Thailamd, dilanjutkan seri kedua di Kuala Lumpur, Malaysia, sebelum ditutup dengan seri ketiga di Surabaya.

Pada edisi kali ini, skuad Indonesia diperkuat 12 pemain. Mereka adalah Dyah Lestari, Agustin Elya Gradita Retong, Visca Dewi Syamsuri, Kadek Pratita Citta Dewi, Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma, Adelaide Callista Wongsohardjo, Yuni Anggraeni, Nathania Claresta Orville, Mega Nanda Perdana Putri, Henny Sutjiono, Clarita Antonio, dan Angelica Jennifer Candra.

Baca juga: Surabaya tuan rumah final SEA Women Basketball League 2022
Baca juga: FIBA setujui usulan Indonesia adakan liga bola basket putri ASEAN

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022