Magelang (ANTARA) - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meminta usaha eceran atau retail modern bekerja sama dengan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

"Dari kami meminta dan mengkoordinasi dan melaksanakan agar retail modern itu bekerja sama dengan UMKM, bekerja sama dengan marketplace. Jadi ini nggak bisa dipisah sekarang," katanya di Magelang, Jawa Tengah, Selasa, usai mengisi kuliah umum di Universitas Muhammadiyah Magelang (Unnimma) dengan tema "Waralaba Lokal Go Global".

Ia mencontohkan retail di Magelang ini kalau butuh kerupuk misalnya tidak harus mendatangkan dari Jakarta, tetapi cukup menyerap dari UMKM di sini.

"Apalagi kerupuknya di sini bagus-bagus," katanya.

Kemudian retail modern mempunyai logistik maka harus menyuplai warung-warung yang ada di sekitarnya.

"Ini Permendagnya lagi saya rapikan, nanti akan jadi," katanya.

Berikutnya, lanjut Mendag Zulkifi Hasan, yang tidak bisa dihindari sekarang adalah dengan pemasaran digital atau digital marketing.

"Hal itu tidak bisa dihindari, semua sudah begitu cepat. Oleh karena itu ada marketplace kami minta kerja sama dengan UMKM agar pasarnya lebih luas," katanya.

Mendag juga meminta para bupati menyediakan pusat informasi mengenai keunggulan daerahnya, UMKM-nya, produksinya, hasil-hasil pertaniannya.

"Ini agar UMKM bisa mudah diakses, hal ini terus kami sampaikan setiap ke daerah," katanya.

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022