Jakarta (ANTARA) - Dokter Spesialis Gizi Klinik Wiji Lestari menyatakan konsumsi minum berasa seperti kopi hingga kacang hijau tidak akan mempengaruhi keberlangsungan persalinan ibu hamil maupun kondisi fisik bayi ketika lahir.

“Kalau kaitannya dengan warna kulit bayi, itu ditentukan oleh faktor genetik. Bukan karena konsumsi kopi ataupun air kelapa, jadi jangan khawatir,” kata Wiji dalam Webinar HUT ke-103 RSCM yang diikuti secara daring di Jakarta, Selasa.

Wiji yang juga Konsultan Nutrisi itu menuturkan segala hal yang mengacu pada kondisi fisik seorang bayi yang baru dilahirkan, baik warna kulit maupun  hitam lebatnya rambut hanya dapat ditentukan melalui faktor genetik kedua orang tuanya saja.

Baca juga: Kesehatan ibu hamil harus dilindungi dari dampak perubahan iklim

Hal tersebut tidak berkaitan dengan konsumsi air berasa seperti kopi. Sayangnya, banyak ibu hamil termakan mitos jika kopi yang memiliki warna pekat, dikatakan dapat membuat kulit seorang anak menjadi lebih hitam.

Staf Departemen Ilmu Gizi FKUI-RSCM itu mengatakan kopi tetap aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Hanya saja, tetap dalam takaran yang tepat, yakni tidak melebihi 200 mg kafein atau setara dengan dua cangkir kopi per hari.

Hal lain yang ia bantah adalah meminum kacang hijau tidak akan membuat rambut seorang bayi menjadi lebih tebal dan hitam.

Munculnya mitos tersebut, menurutnya, didasari oleh kandungan yang baik bagi ibu hamil, karena dapat memenuhi kebutuhan protein nabati selama masa kehamilan.

“Saya tekankan sekali lagi, ketebalan rambut atau warna rambut itu ditentukan oleh faktor genetik kedua orang tuanya. Jadi, tidak ada hubungannya dengan kacang hijau. Tetap baik dikonsumsi ibu hamil karena itu sumber protein nabati dan memiliki kandungan mineral yang banyak. Mohon dimakan saja untuk memenuhi nutrisi ibu, bukan untuk tujuan yang salah,” ujar Wiji.

Sementara menanggapi mitos air kelapa yang dikatakan dapat mencerahkan kulit bayi, Wiji meminta masyarakat untuk memahami bahwa air kelapa hanya akan memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh seseorang seperti air putih.

Satu hal yang membedakannya adalah air kelapa memiliki kandungan gula, sehingga dianjurkan untuk tidak terlalu banyak meminumnya demi menjaga asupan gula dalam tubuh. Masyarakat juga diimbau untuk tidak meminum air kelapa sebagai ganti air putih untuk dikonsumsi dalam kurun waktu yang lama.

Baca juga: Dokter ingatkan ibu hamil wajib jaga kadar gula darah

Baca juga: Dokter beri kiat cegah berat badan berlebih bagi ibu hamil


Wiji berharap masyarakat dapat mencari informasi dari sumber yang dapat dipertanggungjawabkan dan mengurangi membuat mitos atau hoaks yang tidak mendasar, guna menjaga ibu melewati masa kehamilan dengan nyaman dan optimal.

Ia meminta agar masyarakat mulai memantau pemberian asupan gizi pada ibu hamil, sehingga ibu tidak mengalami kesulitan pada saat melangsungkan proses persalinan di masa mendatang.

“Makan makanan seperti hati ayam itu boleh ya dan baik untuk ibu hamil, karena kaya akan zat besi. Tapi, jangan kebanyakan karena itu tetap bagian dari jeroan. Jadi, lebih baik diimbangi dengan pemberian asupan ikan, daging atau protein hewani lainnya,” katanya.

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022