Jakarta (ANTARA) -
Konser M20, salah satu rangkaian puncak acara M20 (Music20), akan digelar di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Selasa malam. M20 adalah acara pendamping dari Presidensi G20 Indonesia.

Acara ini bisa disaksikan secara virtual lewat live stream DSS Music Channel pada pukul 19.00 WIB hingga 22.00 WIB.
 
Acara M20 concert akan dimeriahkan oleh sejumlah musisi papan atas seperti Iwan Fals, Kahitna, Once, Isyana X Deadsquad, Dira Sugandi, Slank.
 
M20 Summit conference pada 31 Oktober yang secara resmi dibuka oleh Erick Tohir selaku Menteri BUMN, dihadiri oleh 100 delegasi yang mencakup 30 peserta delegasi Indonesia dan 70 peserta delegasi negara-negara G20 dan negara undangan G20.
 
Negara-negara yang sudah bersedia untuk hadir yaitu, Amerika Serikat, Brazil, Jepang, Kanada, Kamboja, India, Indonesia, Inggris, Italia, Meksiko, Afrika Selatan, Russia, dan anggota Uni Eropa.
 
Co-chairs Music 20 (M20) Candra Darusman, acara pendamping Presidensi G20, mengatakan musisi juga bertanggung jawab dalam membantu membumikan isu-isu yang diangkat Indonesia dalam Presidensi G20.
 
"Agar isu itu dihayati oleh masyarakat karena kita juga bagian dari masyarakat dunia," kata Candra dalam konferensi pers M20 Concert di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Selasa.
 
Puncak acara utama M20 ini mengusung tema "Musik & SDG's: Agen Kuat Perubahan Sosial, Lingkungan dan Ekonomi".

Beberapa poin yang ingin digaungkan pada acara ini adalah mendorong informasi digital yang adil dan inklusif di industri musik, kesejahteraan musisi dan pekerja ekonomi kreatif, akses lebih baik di industri musik, konser yang ramah komunitas dan rendah emisi serta menjadikan musik sebagai platform untuk mendorong perdamaian.

Nilai-nilai yang digaungkan di acara tersebut merupakan hasil diskusi dengan para musisi-musisi di Indonesia.
 
Acara konser ini pun juga akan menerapkan konsep yang bersifat rendah emisi, dan konser ramah komunitas, dan minim limbah. Konser ini akan mempromosikan kebijakan tata kelola lingkungan, sosial, dan perusahaan, atau ESG di industri dunia hiburan.

Baca juga: Musisi bantu membumikan isu Presidensi G20

Baca juga: Orkestra G20: Warisan Indonesia untuk sejarah musik klasik dunia

Baca juga: Kala senandung dawai Sasando memukau delegasi Sherpa G20

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022