Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan mengajak wisatawan dari luar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) untuk mengenali wisata urban kekinian yang ada di wilayah tersebut.

"Famtrip ini diharapkan menjadi pilihan wisatawan domestik untuk memilih Jakarta Selatan sebagai daerah yang menarik, mudah dan terjangkau bagi pengunjung,” kata Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Munjirin di Jakarta, Selasa.

Munjirin menjelaskan, Familiarization Trip (Famtrip) merupakan acara yang diselenggarakan dalam rangka pengenalan destinasi urban (perkotaan) di Jakarta Selatan.

Pengenalan dilakukan oleh Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) Jakarta Selatan kepada figur berpengaruh media sosial (influencer), mahasiswa dan duta wisata dari Ciamis, Garut dan Cirebon (Jawa Barat).

Menurut Kepala Sudin Parekraf Jakarta Selatan Rus Suharto, kegiatan ini diadakan untuk mengenalkan destinasi wisata urban, kekinian dan bernuansa media sosial (Instagramable) yang ada di wilayah Jakarta Selatan.

"Sejumlah 50 peserta akan diajak ke destinasi seperti Agro Edu Wisata Ragunan, mencoba transportasi MRT, melihat JPO Phinisi, berkunjung ke Tebet Eco Park dan masih banyak destinasi menarik lainnya,” ujar Rus Suharto.

Baca juga: Sudin Parekraf Jaksel pelajari ekonomi kreatif wisata Cirebon

Rus menyebutkan, rangkaian kegiatan ini dimulai dengan kunjungan ke Agro Edukasi Wisata Ragunan dan penanaman pohon bersama di lokasi tersebut, seperti picung, cipedak, aren, manggis, jambu air dan durian.

Kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia pada 28 November 2022. Karena itu, setiap daerah juga berkesempatan membawa cenderamata berupa pohon untuk ditanam di Agro Edukasi Wisata Ragunan.

Dari Ragunan, peserta selanjutnya tur dengan berjalan kaki ke kawasan Kemang, kawasan Blok M yang menyajikan berbagai taman serta mengajak peserta untuk merasakan transportasi seperti MRT dan TransJakarta.

Kemudian, mereka mengunjungi ekshibisi desain dan seni kontemporer tahunan "Indonesia Contemporary Art and Design" (ICAD).

Baca juga: Setu Babakan prediksi puncak kunjungan wisatawan terjadi Ahad

Selama dua hari, peserta Famtrip difasilitasi dua bus dari daerah asal sampai kembali, akomodasi, konsumsi dan cenderamata.

Rus menjelaskan maksud dan tujuan Famtrip ini untuk mendorong tumbuhnya rasa bangga berwisata masyarakat Indonesia serta membantu mendorong tumbuhnya pemulihan ekonomi nasional dan mencegah krisis global.

“Selain itu, tujuan utama Famtrip adalah untuk pengenalan wisata urban di Jakarta Selatan melalui influencer, duta wisata dan mahasiswa dari daerah luar Jakarta Selatan agar terpublikasi secara luas,” ujarnya.

Famtrip 2022 diadakan selama tiga kali pada 2-3 November 2022 untuk peserta dari daerah Kabupaten Ciamis.

Tanggal 7-8 November dari Kabupaten Garut dan pada 16-17 November 2022 untuk peserta dari Kota Cirebon.
 

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022