Jakarta (ANTARA) - Tottenham Hotspur berhasil lolos ke 16 besar setelah mengalahkan Olympique de Marseille dengan skor 2-1 di matchday terakhir Grup D Liga Champions di Stadion Velodrome pada Rabu dini hari WIB.

Marseille sempat memimpin lewat gol Chancel Mbemba. Tottenham bangkit di babak kedua dan berhasil membalikkan keunggulan berkat gol Clement Lenglet dan Pierre-Emile Hoejbjerg.

Berdasarkan laman resmi UEFA, kemenangan ini membuat Spurs duduk sebagai juara grup dengan torehan 11 poin. Sementara Marseille berada di dasar klasemen dengan enam poin dan kehilangan tiket ke Liga Europa.

Baca juga: Spurs merasa 'di dunia lain' karena pergi ke Marseille tanpa Conte
Baca juga: Barcelona akhiri fase grup dengan kemenangan 4-2 atas Viktoria Plzen

Eintracht Frankfurt ke babak 16 besar dengan status runner-up Grup D usai mengalahkan Sporting Lisbon 2-1. Hasil ini membuat Sporting finis ketiga dengan tujuh poin dan lanjut ke Liga Europa.

Marseille yang kemenangan untuk bisa memastikan diri ke babak 16 besar dan Tottenham hanya cukup tambahan satu poin. Tuan rumah kemudian bermain lebih menyerang sejak awal dan Spurs bermain lebih hati-hati.

Pada menit ke-18, Marseille mendapatkan peluang emas saat bola tembakan Alexis Sanchez dari dalam kotak penalti ditepis Hugo Lloris. Kiper Spurs itu kembali bikin penyelamatan pada menit ke-32 dengan menepis bola tembakan Jordan Veretout.

Marseilla akhirnya bisa memecah kebuntuan di injury time babak pertama. Chancel Mbemba mencetak gol dengan sundulan setelah menyambut umpan Jordan Veretout dalam skema sepak pojok.

Marseille menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0.

Baca juga: Liverpool akhiri fase grup dengan kemenangan 2-0 atas Napoli

Selepas jeda, Spurs mulai bermain menyerang demi mengamankan kemenangan. Mereka baru bisa mencetak gol pada menit ke-54 lewat skema tendangan bebas.

Ivan Perisic mengirimkan bola ke kotak penalti Marseille. Clement Lenglet kemudian menanduk bola ke gawang Pau Lopez dan mengubah skor menjadi imbang 1-1.

Harry Kane sempat mencetak gol pada menit ke-64. Gol tersebut dianulir hakim garis setelah penyerang Inggris itu dinyatakan dalam posisi offside.

Tottenham tampil lebih menyerang sepanjang babak kedua. Tim tuan rumah hampir kebobolan pada menit ke-81, andai saja tembakan Pierre-Emile Hoejbjerg tidak membentur mistar gawang.

Marseille mulai mengancam di delapan menit akhir pertandingan. Sebuah peluang emas terjadi pada menit ke-86 saat bola sundulan Sead Kolasinac dari jarak dekat hanya melenceng tipis dari gawang Lloris.

Tottenham sukses mencetak gol kedua mereka pada masa injury time. Sebuah serangan balik cepat dituntaskan berhasil dituntaskan Hoejbjerg dan membuat Tottenham meraih kemenangan dramatis 2-1 atas wakil Prancis itu.

Baca juga: Kalahkan Inter 2-0, Bayern Muenchen tidak terkalahkan di fase grup
Baca juga: Dikalahkan FC Porto 1-2, Atletico Madrid finis juru kunci Grup B

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022