Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi (Kemenparekraf) menggelar “Wonderful Day with Wonderful Indonesia 2022” untuk berbagi informasi strategis kepada mitra co-branding Wonderful Indonesia seputar tren industri pariwisata 2022 serta outlook pariwisata dan ekonomi kreatif 2023

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Ni Made Ayu Marthini menerangkan adanya acara tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan Wonderful Indonesia Co-Branding Network, sebuah jaringan kolaborasi-aksi yang dibangun pihaknya sejak 2017.

“Kegiatan bertujuan untuk akselerasi penguatan brand equity Wonderful Indonesia bersama dengan berbagai brand swasta yang memiliki visi yang sama,” katanya di Jakarta, Rabu, lewat keterangan resmi.

Dalam kesempatan itu, Airbnb sebagai salah satu mitra co-branding meluncurkan online hub khusus untuk para pekerja jarak jauh mancanegara yang hendak tinggal dan bekerja dari Bali.

Beragam informasi penting dihadirkan dalam hub tersebut, di antaranya visa dan persyaratan masuk hingga pilihan akomodasi di daerah yang sudah dikenal dan di area terpencil.

Baca juga: Menparekraf sebut industri pariwisata semakin diminati

Sebagai bagian dari kemitraan Live and Work Anywhere, Airbnb disebut akan melanjutkan kemitraan dengan Kemenparekraf untuk mendorong kampanye edukasi dalam rangka mempromosikan perjalanan yang lebih bertanggung jawab.

“Dengan dibukanya kembali perjalanan internasional, Indonesia kini sudah siap untuk menyambut wisatawan dari seluruh dunia, termasuk digital nomad yang ingin tinggal lebih lama dan melakukan pekerjaan jarak jauh dari Indonesia,” ungkap Ni Made.

Lebih lanjut, pihaknya percaya bahwa kemitraan berkelanjutan dengan Airbnb akan membantu peningkatan ketertarikan wisatawan terhadap Bali, mendorong Indonesia menjadi destinasi luar biasa yang menjadi pilihan pertama pekerja jarak jauh, sekaligus meyakinkan wisatawan menjelajahi daerah-daerah kurang dikenal di seluruh penjuru Pulau Dewata.

Kepala Bagian Kebijakan Publik Airbnb untuk wilayah Asia Tenggara, India, Hong Kong, dan Taiwan, Mich Goh mengharapkan kemitraan dengan Kemenparekraf mampu memudahkan jutaan pekerja jarak jauh dari seluruh dunia untuk menemukan ekosistem bekerja jarak jauh dan penawaran menarik yang diberikan Bali.

Baca juga: Bali dideklarasikan sebagai "Fab Island" pertama dunia

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022