Berbagai persiapan pentas seni dan budaya
Palembang (ANTARA) - Dewan Kesenian Palembang menyiapkan pentas kesenian dan budaya khas dari Ibu kota Provinsi Sumatera Selatan itu untuk menghibur peserta rapat kerja nasional ke-9 Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) yang dijadwalkan berlangsung pada 2-5 November 2022.

"Mulai dari penyambutan delegasi di Bandara SMB II Palembang, acara di rumah dinas Wali Kota, rakernas di hotel hingga berbagai kegiatan yang dipusatkan di kawasan Benteng Kuto Besak (BKB) akan ditampilkan kesenian dan budaya khas kota pempek ini," kata Ketua DKP, Iqbal Rudianto, di Palembang, Rabu.

Menurut dia, setiap agenda yang dilaksanakan oleh panitia JKPI di Palembang akan menampilkan kesenian dan budaya khas kota yang dikenal memiliki kerajinan tenun songket dan peninggalan Kerajaan Sriwijaya itu.

Untuk menampilkan berbagai kegiatan kesenian dan budaya khas Bumi Sriwijaya ini, pihaknya menggandeng sejumlah sanggar seni dan tari tradisional setempat.

Baca juga: Sekda Palembang tinjau persiapan kegiatan JKPI

Baca juga: Ribuan peserta Rakernas JKPI berdatangan di Palembang


Kesenian yang disiapkan untuk menyambut dan menghibur peserta JKPI dari 73 kabupaten dan kota itu seperti tarian Gending Sriwijaya dan teater tradisional Dulmuluk.

"Sesuai permintaan Wali Kota Palembang, Harnojoyo kami siap menyukseskan kegiatan berskala nasional itu dengan melakukan berbagai persiapan pentas seni dan budaya sejak beberapa bulan terakhir," ujar Iqbal.

Sementara Sekda Palembang, Ratu Dewa menjelaskan bahwa ribuan peserta bersama kepala daerah atau perwakilan dari 73 kabupaten/kota menghadiri Rakernas JKPI.

Peserta Rakernas Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) IX itu akan mengikuti berbagai kegiatan pada 2 - 5 November 2022.

Berbagai kegiatan yang dilakukan peserta, selain acara inti rakernas, juga ada seminar nasional, karnaval budaya, pertunjukan seni, permainan tradisional, dan pameran.

Kemudian juga ada bazar di halaman Museum Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II di kawasan Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang yang diikuti 73 kabupaten dan kota.

Peserta juga diajak berwisata air menyusuri Sungai Musi dan kegiatan ibadah shalat subuh berjamaah, ujar Sekda Ratu Dewa.

Direktur Eksekutif JKPI, Asfarinal menjelaskan bahwa JKPI adalah organisasi yang beranggotakan pemerintah kota dan kabupaten dengan keanekaragaman pusaka alam atau pusaka budaya (tangible dan intangible).

Kota Palembang tercatat sebagai anggota JKPI sejak 2013 dan telah memiliki Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL).

Tujuan organisasi ini untuk menjaga kelestarian pusaka alam, benda cagar budaya (BCB) sebagai modal dasar untuk membangun di masa depan.

Sejumlah agenda dalam rangkaian Rakernas IX JKPI di Kota Palembang pada 2-5 November 2022, dimulai dengan penyambutan peserta, kepala daerah melibatkan Tim Cek Bagus dan Cek Ayu, 'welcome drink', pembukaan bazar dan 'welcome dinner' di rumah dinas Wali Kota Palembang pada Rabu (2/11) malam, kata dia pula.

Baca juga: Kota Bogor siap jadi tuan rumah kongres ke-V JKPI

Baca juga: Menteri Pariwisata apresiasi kongres JKPI di Baubau

 

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022