Anak muda, termasuk mahasiswa harus mempunyai impian membawa Indonesia menuju bangsa besar yang lebih maju
Makassar (ANTARA) - Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa, MSc mendorong mahasiswa untuk berupaya membangun karakter maritim dalam rangka menghadapi Era Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity (VUCA).

Dalam keterangan di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu, ia memberikan gambaran pentingnya generasi muda dalam mendorong pembangunan bangsa.

VUCA sendiri mempunyai arti dunia yang kita hidupi sekarang, di mana sebuah kondisi ketika perubahan terjadi begitu cepat, ambigu tidak pasti dan serba kompleks yang disebabkan transformasi digital.

Menurutnya, anak muda, termasuk mahasiswa harus mempunyai impian membawa Indonesia menuju bangsa besar yang lebih maju. Dengan berbagai latar belakang yang beragam, maka hal tersebut menjadi kekuatan besar dalam menciptakan keharmonisan dan mendorong Indonesia lebih baik.

Rektor menyatakan beberapa tantangan yang akan dihadapi oleh generasi penerus di zaman yang terus mengalami perubahan secara signifikan, yang memerlukan adanya proses adaptasi terhadap perkembangan teknologi informasi yang dilakukan oleh mahasiswa.

Di Unhas, kata dia, berbagai upaya strategis terus dioptimalkan dalam mendorong sumber daya manusia berkarakter.

“Semangat juang merupakan tiket penting membangun bangsa. Optimalkan jejaring dan bangkit bersama memperjuangkan bangsa. Unhas terus berupaya melakukan hal terbaik dan berkontribusi bagi Indonesia, termasuk keterlibatan mahasiswa sebagai generasi penerus,” katanya.

Dalam kegiatan kelas inspirasi tersebut, Rektor Unhas Jamaluddin Jompa banyak menyampaikan berbagai pengalaman karakter kepada para mahasiswa inbound program pertukaran mahasiswa MBKM II antusias memberikan pertanyaan.

Baca juga: BP Batam gandeng Universitas Hasanuddin kembangkan industri maritim

Baca juga: Mahasiswa Unhas raih Best Popularity Award kompetisi internasional

Baca juga: LKTM kemaritiman di Makassar diikuti 16 kampus


Baca juga: Mahasiswa asing Unhas turut meriahkan Hari Kebudayaan Makassar

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022