aat ini dari kecamatan dan kelurahan sedang mencari lahan mana saja yang bisa ditanami pohon
Jakarta (ANTARA) - Pelaksana Tugas Wakil Wali Kota Jakarta Barat, Iin Mutmainah menginstruksikan jajarannya untuk segera mencari lokasi lahan yang dapat ditanami pohon sebagai tindak lanjut arahan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono agar setiap wali kota menanam 600 hingga 1.000 pohon untuk mencegah banjir.

"Saat ini dari kecamatan dan kelurahan sedang mencari lahan mana saja yang bisa ditanami pohon dan tanaman produktif. Proses sedang berlangsung," kata Pelaksana Tugas Wakil Wali Kota Jakarta Barat, Iin Mutmainah, saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Nantinya, lanjut Iin, jumlah pohon disesuaikan dengan luas lahan yang dimiliki oleh setiap kelurahan dan kecamatan.

Pohon-pohon tersebut pun bisa diberikan langsung oleh Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan. dan Pertanian bahkan  swasta.

Namun demikian, pihaknya juga ikut mengajak warga untuk menanam beragam tanaman di pekarangan rumah.

Hal tersebut akan sangat membantu pemerintah mencegah terjadinya banjir dan meningkatkan kualitas udara warga.

"Warga juga ikut menanam tanaman yang menghijaukan kaya apotek hidup itu bisa ditanam di pekarangan rumah. Itu juga harus disampaikan," jelas Iin.

Sebelumnya, Heru meminta kepada seluruh Wali Kota untuk menanam pohon sebagai upaya pencegahan terjadinya banjir di DKI Jakarta.

"Dalam memasuki musim hujan, saya meminta kepada seluruh wali kota untuk menanam pohon sebanyak-banyaknya, nanti untuk titiknya di mana saja," kata Heru di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, Selasa (13/10).

Heru juga menyebutkan, jumlah pohon yang harus ditanam sekitar 600 hingga 1.000 pohon dan penanaman pohon tersebut diberi waktu selama satu bulan.

"Seperti kemarin Wali Kota Jakarta Timur melakukan penanaman pohon di tol Bekasi - Cawang- Kampung Melayu (Becakayu) dan saya kasih waktu satu bulan," kata Heru.
Baca juga: Pemkot Jaksel ajak wisatawan luar Jabodetabek kenali wisata urban
Baca juga: Pemkot Jaktim tanam 150 pohon di kolong Tol Becakayu
Baca juga: Pemkot: "Jumat Berfaedah" sejalan dengan instruksi Pj Gubernur

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022