Sekarang kami berkunjung ke DPD RI untuk meminta masukan dan berbincang masalah nasional.
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti dan Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) membahas berbagai persoalan kebangsaan dari berbagai sudut pandang.
 
"Wantimpres ini bertugas memberikan nasihat dan pertimbangan kepada Presiden. Kami terbuka ingin memberikan masukan, bertukar pikiran, dan membahas masalah kebangsaan dan persoalan strategis nasional," kata LaNyalla dalam keterangannya di Jakarta Rabu.
 
LaNyalla mengatakan bahwa peran, fungsi, dan tugas Wantimpres yang sangat penting berdasarkan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2006 tentang Dewan Pertimbangan Presiden.

Ia menyampaikan itu saat silaturahmi di Ruang Delegasi Lantai VIII Gedung Nusantara III, kompleks Gedung MPR/DPD/DPR RI, Senayan, Jakarta.
 
Wakil rakyat asal Daerah Pemilihan Jawa Timur itu menilai perbaikan bangsa perlu bersama-sama untuk mewujudkan cita-cita nasional yakni kesejahteraan dan kemakmuran rakyat.
 
"Dengan demikian, apa yang menjadi cita-cita dan tujuan nasional ini bisa kita capai sesuai dengan apa yang diinginkan para pendiri bangsa," kata LaNyalla.
 
Ia menegaskan bahwa DPD merupakan mitra strategis pemerintah, DPD RI juga bukan berasal dari kalangan partai politik.

Ditegaskan oleh LaNyalla bahwa aspirasi yang disalurkannya adalah murni suara hati rakyat dan daerah.
 
"Kami ini adalah jembatan daerah dan pusat. Maka, perlu sekiranya ke depan dilakukan pertemuan seperti ini secara berkala agar kami dapat mencarikan solusi terhadap persoalan yang dihadapi rakyat dan daerah," kata LaNyalla.

Baca juga: Istana respons soal usulan MPR agar kepala daerah dipilih DPRD
Baca juga: Watimpres: Kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf sudah berjalan maksimal
 
Sementara itu, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Jenderal TNI Purn. Wiranto mengatakan bahwa pihaknya sejak lama mencanangkan untuk berkunjung ke DPD RI. Tujuannya adalah untuk meminta masukan agar dapat dirumuskan dalam sebuah kebijakan yang akan disampaikan kepada Presiden.
 
"Kami harus lebih banyak bertemu, berbincang, serta melihat situasi dan perkembangan untuk selanjutnya kami analisis dan memberi masukan dalam tataran kebijakan kepada Presiden," ucapnya.
 
Wiranto mengaku telah banyak meminta masukan dari berbagai institusi. Belum lama ini, Wantimpres melakukan pertemuan dengan para pembantu Presiden, dan juga bertemu dengan Ketua MPR RI.
 
"Sekarang kami berkunjung ke DPD RI untuk meminta masukan dan berbincang masalah nasional yang kita hadapi bersama. Kami yakin banyak sekali referensi perkembangan di pusat dan daerah yang dimiliki DPD RI," ujar Wiranto.
 
Selain Wiranto, jajaran Wantimpres yang hadir dalam silaturahmi adalah Putri Wisnuwardani dan Sidarto Danusubroto beserta jajaran. Sementara itu, Ketua DPD RI didampingi Wakil Ketua DPD RI Letjen TNI Mar. Purn. Nono Sampono, Mahyudin, dan Sultan Bachtiar Najamudin.
 
Pertemuan itu juga turut membahas persoalan-persoalan yang terjadi di daerah sebagaimana tugas dan fungsi DPD RI. Masalah daerah tersebut, kata dia, menjadi pembahasan yang sangat serius.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022