Dengan melihat kondisi perkembangan saat ini, kita tidak ingin muluk-muluk hunian 100 persen seperti WSBK 2021. Tapi setidaknya, hunian hotel bisa tembus 70-75 persen
Mataram (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menargetkan tingkat hunian hotel di Mataram bisa mencapai 70-75 persen, saat pelaksanaan balap motor dunia atau WSBK (World Superbike) di Sirkuit Mandalika Lombok Tengah pada 11-13 November 2022.

"Dengan melihat kondisi perkembangan saat ini, kita tidak ingin muluk-muluk hunian 100 persen seperti WSBK 2021. Tapi setidaknya, hunian hotel bisa tembus 70-75 persen," kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Mataram H Nizar Denny Cahyadi di Mataram, Rabu.

Dikatakan, berdasarkan informasi dari para pelaku usaha perhotelan, tamu yang memesan hotel untuk WSBK sekitar 50 persen. Artinya, masih ada sisa waktu sekitar delapan hari yang memungkinkan adanya tambahan pemesanan.

Biasanya, para tamu masih melihat dan menunggu terlebih dahulu bagaimana situasi di lokasi kegiatan yang bisa menarik minat untuk datang menyaksikan perhelatan dunia tersebut.

"Biasa ada tamu juga datang saat pada detik-detik terakhir, karena berbagai alasan termasuk pekerjaan," katanya.

Lebih jauh Denny begitu Kadispar Kota Mataram ini akrab disapa menyebutkan, untuk ketersediaan kamar hotel di Mataram terdapat 4.730 kamar hotel baik hotel bintang maupun non bintang.

"Jika tidak bisa 100 persen, setidaknya hotel bisa terisi 70-75 persen," katanya.

Denny mengatakan, kendati sebagai daerah penyangga namun pihaknya tetap optimistis untuk dapat ikut serta menyukseskan ajang WSBK tersebut sebagai upaya menggerakkan kembali perekonomian dunia pariwisata.

Karena itu, Dispar juga telah menyiapkan kegiatan Festival Kuliner untuk menyambut tamu-tamu WSBK yang datang dari luar daerah agar bisa menikmati aneka kuliner khas Kota Mataram dan NTB pada umumnya pada satu tempat terpadu.

Meskipun jumlah penonton atau tamu yang datang ke WSBK 2022 lebih rendah dibandingkan WSBK 2021, namun sebagai bentuk dukungan terhadap kegiatan internasional itu, Kota Mataram tetap akan menyiapkan kegiatan Festival Kuliner serta kegiatan pendukung lainnya.

"Ada atau tidak ada, sepi atau ramai pengunjung, kita tetap berikan suport untuk tamu-tamu WSBK 2022. Salah satunya dengan menyiapkan Festival Kuliner," katanya.

Baca juga: PHRI: Hunian hotel di Lombok jelang WSBK naik 100 persen

Baca juga: Angkasa Pura Hotel sediakan layanan pendukung WSBK di Bandara Lombok

Baca juga: Hotel di Senggigi Lombok nikmati peningkatan kunjungan jelang WSBK

Pewarta: Nirkomala
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022