Banda Aceh (ANTARA) - PT Astra International Tbk menargetkan ekspor kopi Gayo mencapai 96 ton ke Amerika melalui program Desa Sejahtera Astra (DAS) yang dikembangkan di Kabupaten Aceh Tengah.

 

"Lewat Koperasi Usaha Tani Gayo ini kita akan melakukan ekspor perdana ke California sebanyak lima kontainer senilai Rp10 milyar," kata Direktur Astra Riza Deliansyah di Takengon, Rabu.

 

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela peluncuran program pengembangan Desa Sejahtera Astra di Kampung Bies Mulie, Kecamatan Bies, Kabupaten Aceh Tengah.

 

Riza Deliansyah menjelaskan program Desa Sejahtera Astra merupakan suatu program kolaborasi antara pemerintah dan pihak swasta untuk memajukan sebuah desa tertinggal.

 

Ia berharap program tersebut dapat membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat desa dan mampu memajukan desa yang dulunya tertinggal.

 

"Ini adalah sebuah kolaborasi yang baik karena ada pemerintah, ada swasta di sini, ada masyarakat, dan itu bekerja bersama-sama," kata Riza.

 

Pada kesempatan itu, Astra juga menyerahkan bantuan berupa 250 paket sembako untuk masyarakat Kampung Bies Mulie dan bantuan dana program Desa Sejahtera Astra senilai Rp750 juta.

 

Program kerjasama Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi ini turut dihadiri Sekretaris Direktorat Jenderal Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Sudrajat serta Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar.

 

Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar menyambut baik kehadiran program tersebut dan berharap dapat membawa kemakmuran bagi masyarakat desa binaan dan sekitarnya.

 

Shebela juga berkesempatan melepas langsung ekspor perdana kopi Gayo bersama Direktur Astra Riza Deliansyah dan Sekretaris Direktorat Jenderal Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Sudrajat sebagai produk unggulan program Desa Sejahtera Astra di Kampung Bies Mulie, Kabupaten Aceh Tengah.

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022