Gorontalo (ANTARA) - Salah seorang peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) asal Manado, Sulawesi Utara Mentari Metuak (20) mengaku merasakan langsung manfaat dari program tersebut.

"Program JKN ini menjadi pelindung saya dan keluarga dalam mendapatkan pelayanan kesehatan," ucap Mentari di Manado, Kamis.

Menurut Mentari, kepastian dalam mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan adalah salah satu tujuan utama dalam program dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bagi masyarakat.

Mentari yang saat ini sedang menimba ilmu disalah satu perguruan tinggi di Sulawesi Utara menyampaikan, sejak terdaftar sebagai peserta JKN, dia tidak pernah khawatir lagi ketika tiba-tiba harus membutuhkan pelayanan kesehatan.

Baca juga: BPJS-Kes: Cakupan kesehatan Sulut sudah lebih dari 95 persen

Baca juga: Sulut salurkan penolakan kenaikan iuran BPJS Kesehatan ke Kemenkes


"Kami merasa aman karena telah memiliki perlindungan kesehatan, apabila sakit maupun terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan sudah ada BPJS yang akan menjamin," kata Mentari.

Mentari menceritakan, pada awal bulan Juni tahun ini, dirinya tiba-tiba pusing dan harus dibawa ke Puskesmas, waktu itu dia mengalami peningkatan suhu tubuh yang membuat tubuhnya terasa panas dingin. 

Ia kemudian dilayani dengan baik oleh petugas Puskesmas. Baginya Program JKN telah sangat membantu dirinya saat berada di Puskesmas.

"Saya ingat betul, disana keluarga saya hanya membawa kartu JKN tanpa harus membawa uang sama sekali. Saya pun dirawat secara maksimal oleh tim medis disana," cerita Mentari.

Sebagai seorang mahasiswi sekaligus masyarakat yang telah merasakan langsung dampak positif dari program tersebut, Mentari melihat Program JKN merupakan program yang wajib dimiliki oleh seluruh masyarakat Indonesia.

"Telah terbukti sangat membantu masyarakat. Masyarakat yang sakit akan merasa tenang saat berobat. Masyarakat tidak harus memikirkan biaya yang harus dikeluarkan. Apalagi biaya kesehatan sekarang ini sangatlah mahal," ungkap Mentari.

Mentari pun menyatakan sangat yakin dengan keberlangsungan Program JKN dengan prinsip gotong royong nya. Menurutnya, sebagai warga negara yang baik sudah sepatutnya setiap masyarakat mendukung Program JKN demi Indonesia yang lebih sehat.

Baca juga: Aplikasi Mobile JKN mudahkan pelayanan warga Manado

Baca juga: Klinik Madani-Manado jadi contoh pelayanan terbaik peserta JKN-KIS

 

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022