Jakarta (ANTARA) - Pimpinan Pusat Muhammadiyah meluncurkan Super Apps Muktamar yang menyediakan berbagai konten, seperti informasi Muktamar, informasi pusat wisata, toko, dan restoran yang memberikan potongan harga, juga sebagai absensi digital.

"Pusat wisata dan toko yang menggelar diskon akan terdata di Super Apps dan toko yang memberi diskon juga dapat mengidentifikasi penggembira Muktamar 48 melalui Super Apps ini," ujar Wakil Sekretaris Panitia Pusat Muktamar ke-48 Muhammadiyah 'Aisyiyah, Iwan Setiawan dalam konferensi pers yang diikuti dari Jakarta, Kamis.

Baca juga: Ribuan santri Andong Boyolali ikuti pawai sambut Muktamar Muhammadiyah

Baca juga: Abdul Mu'ti ingin Muktamar 48 Muhammadiyah jadi muktamar 'bersih'


Terkait absensi digital, Iwan menerangkan nantinya berguna untuk menentukan siapa penggembira yang berhak masuk ke dalam Stadion Manahan untuk mengikuti pembukaan Muktamar 48.

Selain itu, absensi juga berguna untuk mencatatkan kehadiran di Colomadu, yang mana penggembira atau muktamirin yang sudah tercatat kehadirannya akan diundi untuk mendapatkan hadiah kejutan di arena Muktamar Fair.

Menurut Iwan, untuk dapat menggunakan Super Apps lebih lengkap, para penggembira harus mendaftarkan diri terlebih dahulu.

"Super Apps pendaftarannya melalui beberapa jalur, pertama dari pendaftaran data penggembira kepada panitia Muktamar. Penggembira yang terdaftar nomornya sudah masuk ke Super Apps," ujar Iwan.

Baca juga: Ribuan personel siap amankan Muktamar Ke-48 Muhammadiyah di Surakarta

Baca juga: Tiga juta penggembira diperkirakan hadiri Muktamar ke-48 Muhammadiyah


Tidak hanya bisa diakses oleh Muktamirin maupun penggembira Muktamar, Super Apps juga bisa dipergunakan beberapa fiturnya bagi masyarakat umum.

"Untuk umum, melalui Super Apps ini bisa melihat berita tentang Muktamar yang akan diunggah oleh tim media dan acara terkait Muktamar serta info merchandise terkait Muktamar," kata dia.

Anggota Bidang IT Registrasi Muktamar ke-48 Muhammadiyah, Bani Muthahir mengatakan aplikasi ini bisa diunduh melalui layanan playstore di ponsel pintar dengan nama "Super Apps Muktamar" dan bisa langsung diakses fitur-fitur umumnya bagi masyarakat.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022