Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Bina Marga Jakarta Selatan melakukan pengerjaan pengecatan trotoar sepanjang 200 meter di Jalan Tendean, Kelurahan Kuningan Barat, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Koordinator Bina Marga Kecamatan Mampang Prapatan, Afkarudin menjelaskan bahwa pengecatan trotoar di jalan wilayah Kelurahan Kuningan Barat dilakukan usai perbaikan badan jalan.

Baca juga: Pemkot Jaksel wujudkan sarana jaringan utilitas terpadu menyasar kabel

Pengerjaan pengecatan telah dimulai pada 28 Oktober 2020 yang dikerjakan oleh sebanyak 11 personel gabungan Satgas Bina Marga dan petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU).

"Jalan Tendean merupakan jalan yang ramai dilintasi kendaraan. Dan pengecatan dilakukan untuk memperindah kota, " ujar Afkarudin, dalam keterangan tertulis, Kamis (3/11).

Afkarudin menambahkan adapun trotoar yang diperindah dengan di cat memiliki lebar 1,8 meter dan panjang 200 meter di jalan tersebut.

Untuk cat yang digunakan sebagai warna dasar adalah warna hijau. Selanjutnya dipercantik dengan berbagai motif, salah satunya gigi balang yang merupakan ciri khas Betawi dengan cat warna kuning.

Baca juga: Pemkot Jaksel perbaiki trotoar di 10 kecamatan

"Hari ini pengerjaan pengecatan kelar dilakukan. Dengan dilakukan pengecatan, trotoar dengan cat warna warni jadi tampak indah dan cerah," kata dia.

Hal ini sejalan dengan program yang telah dilakukan oleh Dinas Bina Marga DKI Jakarta yang ingin menambah kenyamanan para pejalan kaki.

Oktober 2022, Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho menyebutkan pembangunan sarana jaringan utilitas terpadu (SJUT) mendukung program revitalisasi trotoar sejak 2019.

"Di samping itu, pembangunan SJUT ini juga mendukung program revitalisasi trotoar yang saat ini sedang kami kerjakan secara masif mulai 2019," kata Hari Nugroho di area Pasar Mampang Prapatan, Jakarta. Senin

Dengan pemindahan kabel udara di bawah tanah, kata Hari, tiang-tiang listrik di jalan bisa dikurangi. Dengan demikian, tidak mengganggu mobilitas pejalan kaki.

Baca juga: Pemkot Jaksel gencarkan perbaikan jalan rusak di Tendean

Pewarta: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022