Jakarta (ANTARA) - Pelatih Arsenal Mikel Arteta membuka peluang untuk memainkan Bukayo Saka kontra FC Zurich pada pertandingan Grup A Liga Europa di Stadion Emirates, London, Kamis malam waktu setempat.

Dikutip dari Sky Sports, Kamis, Arteta mengatakan Saka hanya melewatkan satu atau dua sesi latihan dan kemarin pemain asal Inggris itu telah mengikuti latihan bersama skuad Arsenal.

"Kami menggunakan otak dan akal sehat kami, tapi jelas dia berhasil. Dia tidak nyaman dengan itu, kami membuat keputusan untuk melepaskannya dan sekarang dia merasa baik-baik saja," ujar Arteta.

Selain itu, Arteta menjelaskan soal terjadinya perdebatan antara dia serta dokter tim Gary O'Driscoll pada pertandingan Minggu lalu menghadapi Nottingham Forest di ajang Liga Inggris.

Baca juga: Arteta kecewa catatan sempurna Arsenal di Liga Europa berakhir

Pelatih asal Spanyol itu mengungkapkan, itu merupakan pembicaraan yang sulit karena Saka bersikeras untuk tetap bermain dalam rasa sakit, sehingga ia memutuskan untuk menggantikan pemain tersebut dengan Reiss Nelson.

"Kami harus membuat keputusan dan hanya itu karena kami tidak dapat menunda situasi seperti itu karena setiap menit seorang pemain tidak 100 persen bermain merugikan tim dan kami harus membuat keputusan itu dengan cepat," jelas Arteta.

"Setiap hari saya merasa bertanggung jawab untuk melindungi mereka, membimbing mereka, mendapatkan yang terbaik dari mereka. Tapi kami bermain untuk Arsenal saat ini dan itulah yang harus mereka fokuskan," katanya.

Pada musim ini, Saka menjadi salah satu bagian penting dari Arsenal setelah mencatatkan 17 penampilan di berbagai ajang dengan mencatatkan lima gol serta lima assist dari total 1.228 menit bermain.

Di ajang Liga Europa, pemain kelahiran 5 September 2001 itu tampil sebanyak lima pertandingan dan mencatatkan satu gol ketika The Gunners mengalahkan Bodo/Glimt pada laga ketiga Grup A.

Baca juga: Man united dipastikan tanpa Sancho dan Martial hadapi Real Sociedad
Baca juga: Alguacil pastikan Real Sociedad siap curi poin dari Man United

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022