Palembang (ANTARA) - Wisata air Sungai Musi di kawasan Benteng Kuto Besak (BKB) menjadi lokasi favorit bagi peserta dan tamu yang menghadiri rapat kerja nasional (Rakernas) Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) di Palembang, Sumatera Selatan pada 2-5 November 2022.

Sejumlah peserta dan tamu Rakernas IX JKPI di kawasan BKB Palembang, Kamis, mengatakan tempat wisata ini berada di pusat kegiatan Rakernas, mudah dijangkau dari tempat menginap serta bisa mengunjungi beberapa objek wisata lain di sekitarnya, seperti museum SMB II, masjid agung, dan monumen perjuangan rakyat.

Misnawati salah seorang pendamping peserta Rakernas IX JKPI dari Bogor, Jawa Barat mengaku selama berlangsungnya kegiatan Rakernas, dia sudah dua kali membawa rombongan melakukan wisata air di Sungai Musi.

Baca juga: Ribuan peserta Rakernas JKPI berdatangan di Palembang

Wisata air selama dua jam, dia bersama rombongan menikmati perjalanan dengan menggunakan perahu motor kayu tradisional (jukung) menyusuri Sungai Musi dari kawasan BKB ke Pulau Kemaro.

"Teman-teman memanfaatkan waktu istirahat dari kegiatan Rakernas minta diajak wisata air menyusuri Sungai Musi hingga Pulau Kemaro. Khusus di Pulau Kemaro, peserta Rakernas JKPI berswafoto dengan latar belakang bangunan pagoda berlantai sembilan dengan vihara dan bangunan ibadah umat Buddha yang cukup bagus dan keren untuk disebar ke media sosial," katanya.

Sebelumnya Wali Kota Palembang Harnojoyo pada acara pembukaan Rakernas IX JKPI mengatakan pihaknya mengajak para peserta dan rombongan untuk menyempatkan diri berwisata di kota pempek ini.

“Kami mengajak seluruh peserta Rakernas utusan dari 44 kabupaten/kota bersama keluarga dan pendamping untuk mengunjungi berbagai objek wisata dan menikmati kuliner khas daerah seperti pempek dan lainnya," ujarnya.

Beberapa objek wisata yang bisa dikunjungi selain yang ada di sekitar kawasan BKB, ada wisata religi museum Alquran Al-Akbar di Gandus, Masjid Agung SMB Jayo Wikramo, Masjid Kiai Muara Ogan (Ki Marogan), dan Masjid Al Islam Muhammad Cheng Hoo.

Direktur Eksekutif JKPI, Asfarinal menjelaskan bahwa JKPI adalah organisasi yang beranggotakan pemerintah kota dan kabupaten dengan keanekaragaman pusaka alam atau pusaka budaya (tangible dan intangible).

Baca juga: Palembang kembangkan wisata air ke anak Sungai Musi

Baca juga: Pemkot Palembang siapkan paket wisata religi Sungai Musi


Kota Palembang tercatat sebagai anggota JKPI sejak 2013 dan telah memiliki Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL).

Tujuan organisasi ini untuk menjaga kelestarian pusaka alam, benda cagar budaya (BCB) sebagai modal dasar untuk membangun di masa depan.

Berbagai kegiatan yang dilakukan peserta, selain acara inti Rakernas, yakni seminar nasional, karnaval budaya, pertunjukan seni, permainan tradisional, dan pameran.

Selain itu, ada bazar di halaman Museum Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II di kawasan Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang yang diikuti perwakilan UMKM dari 44 kabupaten/kota dari rencana semula 73 kabupaten dan kota, ujar Asfarinal.

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022