Kabupaten Aceh Tengah naik signifikan dari kategori Kabupaten Berkembang menjadi kategori Kabupaten Maju
Banda Aceh (ANTARA) - Sekretaris Direktorat Jenderal Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Sudrajat menyatakan Kabupaten Aceh Tengah masuk kategori Kabupaten Maju berdasarkan data Indeks Desa Membangun (IDM) 2022.

"Berdasarkan data update IDM 2022 pada Kemendes PDTT, Kabupaten Aceh Tengah naik signifikan dari kategori Kabupaten Berkembang menjadi kategori Kabupaten Maju," kata Sudrajat dalam kunjungan kerjanya di Aceh Tengah, Kamis.

Ia menyebutkan dari 295 desa/kampung di Aceh Tengah saat ini ada sebanyak 13 desa mandiri, 45 desa maju dan 176 desa berkembang serta masih ada sebanyak 61 desa kategori desa tertinggal di kabupaten itu.

Ia mengatakan desa tertinggal merupakan tujuan utama pembangunan pemerintah pusat saat ini melalui berbagai program sehingga mereka dapat terus berkembang dan maju.

Baca juga: Kemendes dorong petani kopi Aceh Tengah untuk hilirisasi produk

Baca juga: Kemendes PDTT jadi garda terdepan majukan desa di batas lintas negara


Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar berharap Kemendes PDTT dapat melakukan kajian khusus untuk percepatan pembangunan desa tertinggal di daerah itu.

Menurutnya, hasil kajian nantinya dapat menjadi acuan Pemkab Aceh Tengah untuk merumuskan program percepatan pembangunan di desa tertinggal.

"Bila berhasil membuat program percepatan pembangunan maka akan sangat efektif dalam menekan angka kemiskinan. Karena selama ini kemiskinan yang dialami masyarakat adalah disebabkan oleh kurangnya pemerataan pembangunan dan akses jalan yang tidak mendukung," kata Shabela Abubakar.

Baca juga: Kemendes: Pembangunan desa tetap berjalan meski dipengaruhi pandemi

Baca juga: Kemendes PDTT: Teknologi tepat guna jadikan desa lebih optimistis


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022