Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) melalui Kecamatan Tamansari menggandeng puluhan pedagang kaki lima (PKL) Kota Tua untuk menjaga kebersihan kawasan objek wisata.

Kegiatan yang dilakukan berupa kerja bakti membersihkan beberapa sisi jalan yang ada di dalam kawasan Kota Tua.

Baca juga: Gedung Kementerian Keuangan di Kota Tua kini disulap untuk tampung PKL

"Kurang lebih sekitar 70 peserta PKL Kota Tua, khususnya PKL Jalan Kunir yang kita libatkan dalam kegiatan hari ini," kata Camat Taman Sari, Agus Sulaiman saat ditemui di Kota Tua, Jakarta Barat, Jumat.

Agus mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memastikan kawasan Kota Tua bersih dan terawat sehingga nyaman untuk dikunjungi para wisatawan.

Dia melanjutkan, keterlibatan PKL juga bagian dari rasa terima kasih PKL karena telah diberi kesempatan berdagang di bazar Kota Tua.

"Mereka dilibatkan dalam Gebyar Pasar Kota Tua yang diinisiasi pihak Konsorsium selama tiga hari. Mereka mengaku mendapatkan penghasilan yang cukup," tutur Agus.

Agus pun mengapresiasi keterlibatan PKL dalam kegiatan bersih-bersih ini. Dia meyakini bersihnya kawasan Kota Tua akan berdampak pada para PKL.

"Kawasan yang bersih juga pasti akan mendatangkan pengunjung dan berdampak pada para PKL," ucap Agus.

Baca juga: PKL Kota Tua gratis biaya dua bulan saat berdagang di gedung Kemenkeu

Agus memastikan kegiatan bersih-bersih yang melibatkan PKL Kota Tua ini akan terus digelar dalam beberapa waktu ke depan.

Dia juga menegaskan akan terus berupaya melibatkan para PKL resmi Kota Tua dalam berbagai bazar di kawasan wisata agar para pedagang bisa mendapatkan pendapatan yang lebih.

Dari pantauan di lokasi, para PKL itu membersihkan aspal di jalan tepat depan Museum Keramik. Sebagian dari mereka ada juga yang memungut sampah plastik.

Tidak hanya itu, petugas Satpol PP kecamatan berikut petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) kecamatan dilibatkan dalam kegiatan ini.

Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) tingkat kecamatan juga menurunkan satu mobil penyemprot air ke lokasi.

Mobil tersebut digunakan untuk menyiram aspal yang kotor sebelum akhirnya di sikat hingga bersih oleh para petugas.

Baca juga: Pemkot Jakbar benahi gedung milik Kemenkeu untuk tampung PKL Kota Tua

Pewarta: Walda Marison
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022