Jakarta (ANTARA) - Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Anggota Komisi VIII DPR RI Dapil Riau I Achmad menyerahkan bantuan ATENSI dan hasil donasi kitabisa.com kepada tiga anak yang menderita penyakit kronis di Sentra Abiseka, Pekanbaru.

Mensos Risma menerangkan bahwa pihaknya melakukan media scanning setiap hari dengan kata kunci tertentu untuk menemukan informasi mengenai masyarakat pra sejahtera yang membutuhkan bantuan, terutama anak dengan penyakit berat.

"Kita sudah punya kata kunci seperti miskin, tidak ada biaya, pasti kita akan ketemu. Kalau misalnya ada anak-anak, saya langsung minta dihubungi kitabisa untuk dibantu donasinya," kata Mensos Risma dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Jumat.

Mensos Risma di Sentra Abiseka, Pekanbaru, Kamis sore (3/11), menemui tiga anak berpenyakit kronis yakni Daffa Zufari (1) penderita hydrocephalus, Jeprizal (7) mengalami gangguan fungsi ginjal, dan Muhammad Aidil Fikri (2) menderita jantung bocor.

Baca juga: Mensos kaji pembangunan rumah layak huni Suku Talang Mamak

Baca juga: Menteri Sosial bantu pengobatan tiga anak di Riau


Menurutnya, informasi tidak akan sampai ke Kemensos tanpa bantuan orang yang mengunggahnya ke dunia maya. Untuk itu, mantan Walikota Surabaya ini mengapresiasi penggiat media dan media sosial yang telah menyebarluaskan informasi tentang orang-orang yang membutuhkan sehingga bisa diketahui oleh Kementerian Sosial.

Selain dari kitabisa.com, Kemensos bertanggung jawab memberikan bantuan pemenuhan nutrisi, seperti susu khusus untuk anak dengan penyakit langka. Kemudian Kemensos juga memfasilitasi akomodasi selama pengobatan berlangsung.

"Juga tempat tinggal, jadi mereka tinggal di sini (Sentra Abiseka) selama pengobatan di Riau, yang dari luar. Nanti juga kalau ke Jakarta, akan tinggal di sentra di Jakarta," katanya.

Sementara itu, sebagai masyarakat Riau, Achmad mengapresiasi dedikasi dan respon cepat Mensos dalam menangani kesulitan yang dialami masyarakat, terutama anak dengan penyakit berat dan disabilitas.

"Ibu Menteri ini (rasa) kemanusiaannya luar biasa. Untuk hal seperti ini, Ibu Menteri langsung respon," kata politisi Partai Demokrat ini.

Ia berharap, Kemensos terus mengawal masyarakat yang membutuhkan agar mereka mampu mendapatkan akses pada layanan kesejahteraan sosial.

Sementara itu, hasil donasi dari kitabisa.com berhasil mengumpulkan donasi sesuai dengan target. Anak Daffa mendapatkan donasi senilai Rp74,4 juta, Jeprizal Rp59,5, dan Aidil sebesar Rp63,6 juta.

Sedangkan dari Kemensos, ketiganya mendapatkan bantuan pemenuhan nutrisi, akomodasi, dan peralatan peralatan kebersihan diri. Adapun orang tua Jeprizal diberikan bantuan kewirausahaan berupa peralatan menangkap ikan.

Sejak menggandeng kitabisa.com setahun lalu, Kemensos telah membantu lebih dari 100 anak dengan penyakit berat di seluruh Indonesia.*

Baca juga: Mensos berikan santunan keluarga korban banjir di Lampung Selatan

Baca juga: Mensos Risma serap aspirasi warga nelayan Cilincing

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022