kemitraan kami dengan Indonesia telah berlangsung lama dan sukses
Jakarta (ANTARA) - Presiden Universitas Groningen Prof Jouke de Vries mengaku kagum dengan fleksibilitas program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

“Fleksibilitas yang ingin diciptakan kementerian untuk mahasiswa dalam MBKM, merupakan sesuatu yang ingin kami capai di Universitas Groningen,” ujar Vries dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat.

Dia mengagumi pemerintah Indonesia yang mengembangkan visi MBKM dan berbagai elemen di dalamnya seperti mikrokredensial dan mobilitas mahasiswa Indonesia ke dunia internasional (IISMA).

“Kami juga menyambut baik tawaran dari Pemerintah Indonesia melalui Kemendikbudristek dan BRIN untuk berinteraksi lebih lanjut misalnya melalui pusat penelitian bersama atau kolaborasi gelar," katanya.

Menurut Vries, kerja sama tersebut terutama dalam tema prioritas  yang terkait dengan energi dan iklim, kesehatan masyarakat, digitalisasi dan kecerdasan buatan, dan keberlanjutan dan ekonomi sirkular.

Baca juga: Universitas Groningen dan Bank Dunia gelar Spirit Indonesia
Baca juga: Pemenang Nobel memotivasi peneliti Indonesia untuk hasilkan invensi

Dia menjelaskan Indonesia telah menjadi mitra yang kuat selama beberapa dekade. Bagi Universitas Groningen yang termasuk ke dalam 100 universitas top global, dengan dunia yang kembali terbuka setelah pandemi global, inilah saatnya untuk terhubung kembali bertatap muka dengan mitra internasionalnya.

“Bagi kami, keputusan untuk berkunjung ke Indonesia terlebih dahulu adalah hal yang lumrah, karena kemitraan kami dengan Indonesia telah berlangsung lama dan sukses,” terang Vries.

Ia menjelaskan, tujuan berkolaborasi dengan Indonesia adalah karena ingin menciptakan peluang bagi mahasiswa dan peneliti untuk bekerja sama baik di Indonesia maupun di Belanda

Selama sepekan, delegasi dari Universitas Groningen mengunjungi sejumlah pemangku kepentingan dan perguruan tinggi di Indonesia untuk menjajaki kerja sama bidang pendidikan tinggi antara Indonesia dan Belanda. 

Baca juga: Mendikbudristek sebut Merdeka Belajar upaya perluasan akses pendidikan
Baca juga: Program kampus merdeka mampu tingkatkan kualitas mahasiswa
Baca juga: Kebijakan merdeka belajar kampus merdeka selaras program PNJ

 

 


​​​​​

Pewarta: Indriani
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022