Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi mengatakan, pihaknya memiliki banyak opsi stadion kandang tim nasional Indonesia di Piala AFF 2022 selain Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

"Banyak opsi stadion. Nanti kami akan menentukan yang mana. Mudah-mudahan tanggal 15 November 2022 ini sudah ada stadionnya," ujar Yunus di Jakarta, Jumat. Yunus memastikan, SUGBK dan lima stadion lain tidak bisa digunakan di Piala AFF 2022 serta kegiatan-kegiatan lainnya karena disiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023.

Kelima stadion tersebut yaitu Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Baca juga: PSSI ingin tak ada perubahan stadion pertandingan Piala Dunia U-20 "Mulai November ini, enam stadion untuk Piala Dunia U-20 2023 tidak dapat difungsikan untuk agenda lain termasuk timnas dan liga. Untuk sementara, semuanya dalam proses perbaikan dan penyempurnaan oleh Kementerian PUPR dan pemerintah daerah," tutur Yunus.

Terkait stadion-stadion lain untuk Piala AFF 2022, PSSI memiliki beberapa pilihan seperti Stadion Pakansari di Cibinong, Stadion Patriot Candrabhaga (Bekasi) dan Stadion Wibawa Mukti (Cikarang) yang kerap digunakan untuk laga-laga FIFA maupun AFC. Namun, Yunus menyebut PSSI juga mempertimbangkan stadion di luar Pulau Jawa seperti Stadion Batakan di Balikpapan.

"Namun, untuk itu, kami harus berkonsultasi dengan AFF dan peserta. Apakah mau, misalnya, menambah jam penerbangan dari Jakarta," kata Yunus. Piala AFF 2022 digelar pada 20 Desember 2022 sampai 16 Januari 2023.

Tim nasional Indonesia berada dalam Grup A Piala AFF 2022 bersama juara bertahan Thailand, Filipina, Kamboja dan pemenang kualifikasi antara Brunei Darussalam dan Timor Leste.

Baca juga: Indonesia di Grup A Piala AFF 2022 bersama Thailand Tak seperti edisi sebelumnya yang mesti dilaksanakan terpusat lantaran pandemi COVID-19, Piala AFF terbaru akan kembali ke format seperti tahun 2018 yaitu kandang dan tandang.

Semua tim dalam grup akan saling berhadapan dengan setiap tim akan dua kali bertanding kandang dan dua kali berlaga tandang.Nantinya, dua tim terbaik dari setiap grup berhak melaju ke semifinal. PSSI menargetkan Indonesia menjadi juara Piala AFF 2022. Andai berhasil mendapatkan prestasi itu, gelar tersebut akan menjadi yang pertama sepanjang sejarah bagi skuad berjuluk "Garuda".

Baca juga: Shin: Thailand lawan terkuat di Grup A Piala AFF 2022

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022