Sahabat-sahabat saya musisi jalanan ini keren banget
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa penyelenggaraan Festival Suara Musik Jalanan 2022 telah membuka kesempatan bagi musisi jalanan untuk meningkatkan kemampuan melalui kompetisi.

"Sahabat-sahabat saya musisi jalanan ini keren banget, dengan festival ada satu kesempatan bagi mereka untuk berkompetisi untuk meng-improve diri," ujar Budi dalam jumpa pers Festival Suara Musik Jalanan 2022 di Jakarta, Jumat.

Festival Suara Musik Jalanan digagas oleh Institut Musik Jalanan dan Yayasan Maju Bahtera Indonesia serta didukung oleh TVRI. Kompetisi ini merupakan bentuk kepedulian kepada seniman musik guna memberikan semangat dan kreativitas di kalangan pengamen jalanan.

Baca juga: Tiada opsi hybrid, We The Fest 2022 digelar "full offline"

Kompetisi ini terbuka untuk semua pengamen di seluruh Indonesia. Pendaftarannya sendiri sudah dibuka sejak 10 Oktober 2022. Seleksi dilakukan berdasarkan video demo yang dikirimkan oleh peserta. Terdapat total 160 video yang masuk kepada dewan juri.

Juri akan memberikan penilaian didasarkan pada aransemen, harmonisasi, artikulasi vokal, dan penampilan. Dari seleksi ini dipilih 10 peserta untuk masuk semifinal.

Selanjutnya, lima finalis yang terpilih akan tampil secara langsung di TVRI dan dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari Tantri Kotak, Andi Malewa selaku praktisi musik jalanan, serta empat orang panelis yakni Menhub Budi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, dan Triawan Munaf.

Pemenang kompetisi berkesempatan mendapatkan Rp50 juta untuk juara 1, Rp30 juta untuk juara 2 dan Rp20 juta untuk juara 3. Selain itu, para pemenang juga bisa tampil di fasilitas-fasilitas Kementerian Perhubungan seperti bandara, stasiun dan terminal di seluruh Indonesia.

"Output-nya pemenang tidak hanya mendapatkan uang tapi bagaimana kegiatan mengamen dapat terus berjalan. Karena nanti kelas mereka akan berbeda, di sini ada coaching-nya jadi musisi jalanan punya lisensi untuk bisa ngamen di tempat-tempat seperti bandara, jadi kayak pengamen di luar negeri," kata Andi Malewa, praktisi musik jalanan.

Grand final Festival Suara Musik Jalanan akan dilaksanakan pada 10 November 2022. Para finalis akan tampil bersama Elek Yo Ben, yang terdiri dari para menteri, d'Masiv dan Setia Band.

Baca juga: APMI siap buat SOP untuk penyelenggaraan konser musik di Tanah Air

Baca juga: Festival reggae Jakarta Moon Rave Dance 2022 bidik 4 ribu penonton

Baca juga: FLAVS Festival 2022 usai digelar, suguhkan ragam musik R&B hingga soul

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022