Pertumbuhan penggajian melambat dan pertumbuhan upah melambat, tetapi tidak ada yang melambat cukup cepat. Data hari ini meninggalkan kemungkinan kenaikan suku bunga 75 basis poin lagi...
New York (ANTARA) - Dolar jatuh pada akhir perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB), setelah laporan penggajian nonpertanian (NFP) AS untuk Oktober menunjukkan negara itu menciptakan lebih banyak pekerjaan baru dari yang diperkirakan, tetapi juga menunjukkan tanda-tanda perlambatan dengan tingkat pengangguran lebih tinggi dan inflasi upah lebih rendah.

Greenback awalnya naik segera setelah data dirilis, tetapi jatuh karena pelaku pasar mencerna laporan pekerjaan, mencatat data tidak semuanya positif dan mendukung pandangan Federal Reserve (Fed) dapat memperlambat laju kenaikan suku bunga di waktu mendatang.

NFP AS meningkat 261.000 bulan lalu, data menunjukkan pada Jumat (4/11/2022). Data untuk September direvisi lebih tinggi menjadi menunjukkan 315.000 pekerjaan ditambahkan, bukan 263.000 seperti yang dilaporkan sebelumnya. Ekonom yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan 200.000 pekerjaan, dengan perkiraan mulai dari 120.000 hingga 300.000.

Namun, tingkat pengangguran naik menjadi 3,7 persen dari 3,5 persen pada September. Penghasilan per jam rata-rata meningkat 0,4 persen setelah naik 0,3 persen pada September, tetapi kenaikan upah melambat menjadi 4,7 persen tahun-ke-tahun pada Oktober setelah naik 5,0 persen pada September.

Fed fund berjangka pada Jumat (4/11/2022) memperkirakan peluang 52,5 persen untuk kenaikan suku bunga 75 basis poin bulan depan, dan probabilitas 47,5 persen untuk kenaikan 50 basis poin. Peluang kenaikan 75 basis poin mencapai 64 persen segera setelah data penggajian dirilis.

Baca juga: Harga emas melonjak 45,70 dolar, tertekan kemerosotan dolar AS

Suku bunga terminal The Fed, atau tingkat di mana suku bunga akan mencapai puncaknya, turun menjadi 5,09 persen pada Jumat (4/11/2022) sore, dari sekitar 5,2 persen tepat sebelum data.

"Meskipun laporan hari ini secara keseluruhan cukup beragam, kami tidak melihat bagaimana Fed dapat melihat data ini dan berpikir bahwa mereka membuat kemajuan yang berarti untuk mengendalikan inflasi," kata Ekonom Pasar Uang Jefferies, Thomas Simons, di New York.

"Pertumbuhan penggajian melambat dan pertumbuhan upah melambat, tetapi tidak ada yang melambat cukup cepat. Data hari ini meninggalkan kemungkinan kenaikan suku bunga 75 basis poin lagi untuk pertemuan FOMC Desember, meskipun jelas kami memiliki beberapa rilis data penting lainnya antara sekarang dan nanti."

Meskipun data pekerjaan kuat, pejabat Fed pada Jumat (4/11/2022) mengatakan kenaikan suku bunga yang lebih kecil masih dipertimbangkan untuk pertemuan kebijakan Desember.

Angka pekerjaan menunjukkan "pasar tenaga kerja tetap ketat," Presiden The Fed Richmond, Thomas Barkin mengatakan kepada penyiar CNBC segera setelah rilis data, menambahkan dia tetap siap untuk bertindak "dengan sengaja" pada laju kenaikan suku bunga di waktu mendatang bahkan saat dia tetap berpikiran terbuka tentang hasil pertemuan kebijakan berikutnya pada Desember.

Baca juga: Harga emas melonjak 45,70 dolar, tertekan kemerosotan dolar AS

Dolar turun 1,1 persen terhadap yen menjadi 146,65 yen, membukukan kerugian untuk minggu ketiga berturut-turut. Euro, di sisi lain, naik 2,2 persen menjadi 0,9960 dolar.

Indeks dolar, ukuran nilai greenback terhadap enam mata uang utama, turun 1,9 persen menjadi 110,77, di jalur persentase kerugian satu hari terbesar sejak November 2015.

Spekulan mengurangi taruhan net long mereka pada dolar AS menjadi 3,08 miliar dolar AS untuk pekan yang berakhir 1 November, dibandingkan dengan posisi net long 10,21 miliar dolar AS minggu lalu, menurut data Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas AS yang dirilis pada Jumat (4/11/2022).

Mata uang AS menguat pada Rabu (2/11/2022) dan Kamis (3/11/2022) setelah Ketua Fed Jerome Powell pada Rabu (2/11/2022) mengatakan bank sentral dapat terus menaikkan suku bunga jika inflasi tidak melambat, menyebabkan pasar memperkirakan di puncak yang lebih tinggi untuk suku bunga AS.

Baca juga: Rupiah akhir pekan ditutup melemah, masih tertekan pernyataan The Fed
Baca juga: IHSG akhir pekan ditutup menguat, ikuti kenaikan bursa saham Asia


 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022