Batanghari, Jambi (ANTARA) - Kabupaten Batanghari, Jambi, mendapat alokasi sebanyak 15.000 perangkat set top box (STB) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk didistribusikan kepada warga kurang mampu di daerah itu.

"Batanghari mendapat alokasi sebanyak 15 ribu unit bantuan set top box dengan sasaran masyarakat kurang mampu, sehingga mereka bisa menikmati siaran TV digital di perangkat TV mereka yang ada di rumah masing-masing saat ini," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Batanghari Amir Hamzah di Muara Bulian, Sabtu.

Perangkat STB adalah alat untuk mengkonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan di TV analog biasa.

Baca juga: Kemenkominfo tegaskan siaran TV digital gratis bagi semua masyarakat

STB merupakan perangkat tambahan untuk mendukung program peralihan dari TV Analog Switch Off (ASO) ke TV digital, yang telah digulirkan sejak 2 November 2022 secara bertahap.

Amir Hamzah menyebutkan saluran antena biasa telah dialihkan menjadi TV digital. Pemerintah pusat dan daerah melalui Kominfo telah mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menggunakan STB tersebut.

Sejak Agustus 2022, kata Amir, Kementerian Kominfo juga telah mulai menyebarkan bantuan sebanyak 9.311 lewat pihak penanggung jawab yang telah ditunjuk oleh Kementerian Kominfo dan telah disebarkan kepada warga di sejumlah titik sasaran.

Baca juga: Wapres: Pengalihan siaran TV analog ke digital harus dilaksanakan

"Kami akan terus berkoordinasi terkait dengan program pendistribusian STB ini, termasuk tindak lanjut dari program ini setelah perangkat itu digunakan oleh masyarakat," katanya.

Ia menyebutkan, bantuan STB ini sangat membantu masyarakat khususnya yang kurang mampu sehingga perangkat TV mereka tetap bisa digunakan atau dimanfaatkan untuk mendapatkan siaran TV digital.

Pasalnya, kata dia, akhir tahun ini pemerintah sepenuhnya akan menutup siaran TV analog.

Di sisi lain, kata dia, masyarakat juga harus proaktif menyikapi migrasi ke TV digital, karena masih ada masyarakat yang belum tahu dan mengerti program itu.

Baca juga: Kemenkominfo: Pembagian STB upaya penting dalam percepatan ASO

"Saya minta masyarakat juga proaktif dan saling menginformasikan program pemerintah ini, sehingga mereka bisa melakukan migrasi ke TV digital dengan perangkat STB," kata Amir Hamzah.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022