Manokwari (ANTARA) - Asisten Teritorial (Aster) Kasad Mayjen TNI Karmin Suharna meninjau kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-115 yang digelar jajaran Kodim 1810/Tambrauw di Kampung Bama, Distrik Bamusbama, Kabupaten Tambrauw, Papua Barat, Sabtu.

Mayjen Karmin didampingi Danrem 181/PVT Brigadir Jenderal TNI Wawan Erawan dan Penjabat Bupati Tambrauw Engelbertus Kocu mengatakan kegiatan TMMD di Kampung Bama tersebut berjalan sesuai rencana dan target.

"Hasil karya TMMD Ke-115 ini didedikasikan sepenuhnya untuk membantu masyarakat dan pemerintah daerah dalam mempercepat akselerasi pembangunan sehingga dapat dinikmati langsung oleh masyarakat," kata Mayjen Karmin saat bertatap muka dengan masyarakat setempat di Kantor Distrik Bamusbama.

Ia mengajak semua pihak selalu bersyukur atas anugerah Tuhan Yang Maha Esa karena bangsa dan negara Indonesia, termasuk wilayah Papua saat ini masih dalam kondisi aman dan stabil, meski di berbagai belahan dunia terjadi krisis, konflik, dan bencana alam.
Asisten Teritorial (Aster) Kasad Mayjen TNI Karmin Suharna didampingi Pj Bupati Tambrauw Engelberthus Kocu dan Danrem 181/PVT Brigadir Jenderal TNI Wawan Erawan meninjau kegiatan TMMD ke-115 di Kampung Bama, Distrik Bamusbama, Kabupaten Tambrauw, Papua Barat. (ANTARA/HO-Pendam XVIII/Kasuari)

Tak lupa Aster Kasad mengajak masyarakat untuk terus menjaga, membela persatuan, dan kesatuan bangsa dari berbagai ancaman.

"Saya mengajak semua pihak dan masyarakat, bukan hanya di luar tetapi di dalam dan sekitar kita di Papua Barat, khususnya di Kabupaten Tambrauw untuk tetap menjaga kesatuan dan persatuan bangsa. Melalui TMMD Ke-115 ini kita bisa membangun Papua lebih maju lagi ke depannya dan menyatukan bangsa kita," ujarnya.

Baca juga: TNI AD bantu pemerintah membangun jalan di Papua Barat
Baca juga: TNI AD rehabilitasi rumah warga Wondama Papua Barat


Menurut dia, untuk terciptanya rasa persatuan dan kesatuan sebagai sesama anak bangsa, maka jangan pernah membeda-bedakan suku, golongan, agama, dan ras.

"Semuanya harus satu hati serta satu perasaan," katanya.

Dandim 1810/Tambrauw Letkol Inf Sugiharto dalam kesempatan itu melaporkan berbagai program fisik dan nonfisik yang telah dilakukan selama kegiatan TMMD Ke-115 di Kampung Bama, Distrik Bamusbama.

Program fisik yang dilakukan berupa pengecoran jalan lingkungan sepanjang 289 meter. Sedangkan sasaran nonfisik berupa penyuluhan wawasan kebangsaan, kamtibmas, pengentasan buta aksara, kesehatan menyangkut masalah stunting, pertanian, dan kebaktian kebangunan rohani (KKR).
Asisten Teritorial (Aster) Kasad Mayjen TNI Karmin Suharna menyerahkan bingkisan tali asih kepada warga masyarakat di Distrik Bamusbama, Kabupaten Tambrauw, Papua Barat. (ANTARA/HO-Pendam XVIII/Kasuari)

Di akhir kunjungan kerjanya, Aster Kasad melihat secara langsung hasil pengerjaan jalan lingkungan yang dilakukan para prajurit TNI AD bersama masyarakat setempat serta memberikan sejumlah bingkisan dan tali asih kepada masyarakat.

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022