Kami ingin memperkenalkan produk ekraf NTT ke nasional dan meningkatkan pengenalan masyarakat terhadap produk ekraf NTT.
Labuan Bajo (ANTARA) - Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) menghadirkan Pameran Ekraf Exotic NTT di Jakarta untuk memperkenalkan produk ekonomi kreatif (ekraf) asal Nusa Tenggara Timur ke pasar nasional.

"Kami ingin memperkenalkan produk ekraf NTT ke nasional dan meningkatkan pengenalan masyarakat terhadap produk ekraf NTT," kata Direktur Utama BPOLBF Shana Fatina ketika dihubungi dari Labuan Bajo, Sabtu.

Pameran Ekraf Exotic NTT berlangsung sejak mulai  4 November hingga 6 November 2022 di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat.

Baca juga: Sandiaga: Produk ekraf Sumsel harus dibantu agar lebih maju

Shana mengatakan suatu kebanggaan bagi BPOLBF bisa menghadirkan lagi sebuah pameran dengan produk ekraf UMKM dari NTT sebagaimana pernah dilakukan pada Oktober 2021.

Selain memperkenalkan produk UMKM asal NTT, pameran itu juga sebagai bentuk upaya BPOLBF untuk meningkatkan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat lewat penjualan produk.

Dia pun berharapsemangat berwirausaha 
 akan tumbuh pada diri warga lokal di NTT dengan adanya pameran seperti itu.

Sebanyak 20 UMKM terlibat dalam pameran tiga hari itu, baik UMKM pada sektor kuliner, kriya, dan fesyen.

Para pelaku UMKM itu merupakan binaan beberapa lembaga, di antaranya BPOLBF, Bank Indonesia Kantor Perwakilan NTT, Bank NTT, dan Telkom Indonesia.

Produk yang dipamerkan pun telah mendapatkan akurasi mendalam lewat program Floratama Academy dan bagian dari komunitas Asosiasi Kelompok Usaha UNITAS, Dekranasda, serta komunitas UMKM lain dalam wilayah Flores, Alor, Lembata, dan Bima (Floratama) yang menjadi wilayah koordinatif BPOLBF.

"Tersedia juga cupping test yang menyajikan varian rasa biji kopi yang ada di daratan Flores. Ini diberikan cuma-cuma bagi para pengunjung," ucapnya lagi.

Baca juga: Menparekraf sebut empat faktor sebelum tetapkan strategi promosi

Shana berharap pameran itu dapat menarik banyak pengunjung sehingga ada aktivitas ekonomi yang berlangsung di sana. Dia mengajak masyarakat untuk berbelanja produk UMKM khas Floratama di sana.

Pameran Ekraf Exotic di Jakarta mendapatkan apresiasi dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. Dalam keterangannya, dia mendorong pemasaran produk parekraf Floratama.

"Dengan semangat inovasi, adaptasi, dan kolaborasi mendukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia, mari kita dorong pemasaran produk parekraf di Floratama," ucap Sandi.

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022