Medan (ANTARA) - Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, di bawah kepemimpinan Wali Kota Medan Bobby Nasution meraih penghargaan instansi pengelola kepegawaian terbaik dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Alhamdulillah, kita menerima penghargaan BKN untuk kategori pengelola kepegawaian terbaik di wilayah kerja kantor regional VI BKN," ujar Plt Kepala BKDPSDM Kota Medan, Sutan Tolang Lubis di Medan, Sabtu.

Penghargaan ini, lanjut dia, merupakan wujud nyata atas komitmen Pemkot Medan dalam pengelolaan pegawai negeri sipil profesional, berkinerja dan berkualitas tinggi.

Menurutnya penghargaan ini didapatkan dari proses penilaian sesuai kriteria yang ditetapkan BKN dengan indikator penilaian pengelola kepegawaian terbaik berdasarkan sembilan variabel kriteria.

Yaitu perencanaan formasi, pelayanan pengadaan, pelayanan kenaikan pangkat, pelayanan pensiun, dan implementasi sistem aplikasi pelayanan kepegawaian (SAPK).

Kemudian pemanfaatan CAT BKN, penilaian kompetensi, implementasi penilaian kinerja, dan komitmen pengawasan dan pengendalian.

Kepala Kantor Regional VI BKN Medan Janry Haposan UP Simanungkalit memberikan penghargaan kepada Pemkot Medan diwakili Plt Kepala BKDPSDM Kota Medan Sutan Tolang Lubis disaksikan Kepala BKN Bima Haria Wibisana di Jakarta, Jumat (4/11).

Dari sembilan indikator itu, ujar dia, Pemkot Medan telah melaksanakan seluruhnya, termasuk implementasi SAPK dengan membangun sistem informasi kepegawaian.

"Memberi penilaian kompetensi melalui assesment calon pejabat struktural, dan pelayanan bagi calon pensiunan dengan membekali pegawai memasuki masa purna tugas," terang Sutan.

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022